Gus Baha, ulama tanpa gelar akademik namun ilmunya selangit, Ustaz Adi Hidayat: Beliau manusia Quran

- Selasa, 29 November 2022 | 09:39 WIB
Gus Baha (Instagram Gus Baha)
Gus Baha (Instagram Gus Baha)

Hops.ID - Gus Baha, siapa yang tidak mengenal namanya di era sekarang ini. Beliau adalah sosok ulama kharismatik dengan keilmuan agama yang luas, namun selalu disampaikan dengan humor dan unik, hingga gelak tawa jama’ah selalu meriahkan pengajian kyai yang bernama lengkap Bahauddin Nursalim tersebut.

Ada satu nasihat unik yang Gus Baha ucapkan tentang bersyukur.

"Kita itu selalu mengeluhkan saat ekonomi jatuh, orang orang seakan menjauh. Seharusnya kita bersyukur di saat ekonomi jatuh tidak ada yang mendekati kita. Kenapa? Coba bayangkan, di saat kita jatuh dan orang banyak yang mendekati kita. Nah saat itu pasti kita bingung, bagaimana cara menyuguhi orang orang yang datang? Buat makan sendiri aja susah,’’ ungkap Gus Baha yang dikutipnya dari ucapan Imam Ali.

Baca Juga: Gaduh pernyataan Jokowi yang dikira endorse calon penggantinya: Ganjar-Emil pamer foto penampilan baru 

Mendengar kalimat tersebut pasti akan membuat kita mengangguk anggukkan kepala. Itulah sedikit dari jutaan nasihat Gus Baha yang unik, namun penuh dengan hikmah.

Gus Baha bukanlah ulama yang dapat kita temukan di layar TV sebagaimana Ustadz Yusuf Mansur, Aa Gym, dan yang lainnya. Ceramah Gus Baha hanya dapat kita nikmati di layar YouTube. Jutaan ceramahnya pun telah di upload oleh berbagai kanal YouTube.

Baca Juga: Pernah ditolak Mulan Jameela, Ahmad Dhani dibuat nangis dan ngemis cinta ke istri: Nggak bisa tanpa aku

Dari segi penampilan, beliau tidak seperti ulama-ulama lainnya yang bersorban dan gamis. Namun beliau berpenampilan khas yaitu kemeja putih dan kopiah hitam dengan cara pakai sedikit ke belakang, hingga nampaklah poni di bagian dahinya.

Nampaknya Gus Baha pun bukanlah ulama yang silau dengan ketenaran, walau jutaan orang telah mengenalnya.

Hal itu tampak dari sikapnya yang biasa biasa saja, bahkan Gus Baha sempat suatu Ketika menaiki bus dengan berdiri di tengah penumpang lainnya, dan di momen lainnya tengah mengantar anaknya ke minimarket dengan menaiki motor bebek.

Halaman:

Editor: Fachrina Fauziah

Sumber: Suara Merdeka, YouTube IDN Daily

Tags

Artikel Terkait

Terkini