Negara apa yang terletak paling selatan di ASEAN? Ternyata ini jawabannya

- Rabu, 30 November 2022 | 17:07 WIB
Negara di Asean (Instagram @asean)
Negara di Asean (Instagram @asean)

Hops.ID – Negara apa yang terletak paling selatan di ASEAN? Pertanyaan tersebut mungkin pernah terlintas di benak sebagian orang.

Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara alias Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) sendiri merupakan organisasi geopolitik dan ekonomi yang terdiri dari negara-negara di Asia Tenggara.

ASEAN pertama kali disahkan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Pada peresmian itu, ASEAN hanya beranggotakan lima negara saja.

Lima negara yang mendirikan ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina. Kemudian negara lain, yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Vietnam dan Myanmar ikut bergabung secara bertahap.

Baca Juga: Chord gitar Seven Years - Saosin, pakai nada dasar Dm

Indonesia sendiri merupakan negara yang terletak paling selatan di ASEAN.

Seperti dilansir Hops.ID dari Suara.com, Indonesia secara astronomi berada di 6 derajat lintang utara, sebelas derajat lintang selatan dan di antara 95 derajat bujur timur, serta 141 derajat bujur timur.

Letak geografis Indonesia berada di antara benua Asia dan Australia, serta berada di antara dua samudra, yakni Samudra Hindia dan Samudera Pasifik.

Baca Juga: Tak bisa penuhi permintaan terakhir Nike Ardilla, mantan pacar akui menyesal: Dia minta...

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini