BPIP gelar kegiatan penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila 2022 di Yogyakarta, simak tanggalnya!

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 13:31 WIB
Ikon Prestasi Pancasila 2022
Ikon Prestasi Pancasila 2022

Hops.ID - Peran Ideologi Pancasila sebagai dasar negara, serta identitas dari keberagaman budaya dari suku bangsa Indonesia, menjadi pilar penting mempertahankan ciri dan karakteristik masyarakat Indonesia di tengah majunya teknologi dan kebudayaan asing saat ini.

Peran Pemerintah, melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam membumikan Ideologi Pancasila, turut diimplementasikan melalui Penganuygerahan Ikon Prestasi Pancasila yang kini telah menjadi agenda tahunan.

Sebagai apresiasi terhadap putra-putri terbaik di seluruh penjuru tanah air yang senantiasa gigih berkarya dan menorehkan prestasi yang berdampak baik bagi negara dan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Mantan atlet taekwondo, Shandy William akui punya keberanian yang sangat tinggi: Susah banget aku takut...

Para peraih Ikon Prestasi Pancasila juga diharapkan dapat menjadi mitra strategis bagi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dalam setiap upaya pembumian nilai-nilai Pancasila yang teraktualisasi dalam laku hidupnya sehingga mampu menjadi inspirasi nyata di seluruh lapisan masyarakat.

Tahun 2022 penyelenggaraan Ikon Prestasi Pancasila akan dilangsungkan dengan memilih 45 Ikon Prestasi Pancasila baik individu, kelompok, maupun komunitas yang dipilah dalam lima kategori, yakni: Sains dan Inovasi, Olahraga, Seni dan Budaya, Kewirausahaan Sosial, serta Tokoh dan Penggerak Lintas Iman, yang dapat mencerminkan semangat perjuangan atau elan Manusia Indonesia dengan menunjukkan suatu inspirasi keteladanan bagi seluruh elemen bangsa untuk menguatkan rasa bangga dan cinta pada tanah air Indonesia.

BPIP telah memilih 45 Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2022 untuk dianugerahkan kepada individu, kelompok, maupun komunitas yang melaksanakan Pancasila dalam tindakan secara konsisten dan tanpa pamrih.

Baca Juga: Tingkatkan kesehatan masyarakat, Airlangga Hartarto beri wake up call bagi riset dan inovasi Industri farmasi

Mereka yang menunjukkan keteladanan publik di bidang Sains dan Inovasi, Olahraga, Seni Budaya, Kewirausahaan Sosial, dan tokoh atau penggerak lintas iman.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini