Soal gerakan safari politik Anies Baswedan, pengamat: Layak mendapat kritikan

- Rabu, 7 Desember 2022 | 11:16 WIB
Menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta selama 5 tahun, Bobby Risakotta sebut Anies Baswedan tidak satu pun Masjid dibuatnya (Instagram @aniesbaswedan)
Menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta selama 5 tahun, Bobby Risakotta sebut Anies Baswedan tidak satu pun Masjid dibuatnya (Instagram @aniesbaswedan)

Hops.ID – Gerakan safari politik yang dilakukan oleh Anies Baswedan selaku capres NasDem menuai kritik dari publik. Sebab, hal itu dinilai sebagai langkah mencuri start kampanye pilpres 2024.

Menurut pengamat sekaligus Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas, langkah NasDem memang layak mendapatkan kritikan. Ia juga mengapresiasi upaya dari elemen masyarakat yang melaporkan Anies Baswedan dan Partai Nasdem ke Bawaslu dan KPU RI agar tak terjadi lagi hal serupa.

"Sebaiknya KPU membuat aturan tentang bakal calon Presiden yang sudah dideklarasikan oleh partai politik atau mendeklarasikan diri untuk tidak dapat membuat pertemuan-pertemuan akbar," kata Fernando Emas dikutp dari keterangan Rumah Politik Indonesia pada 7 Desember 2022.

Baca Juga: Innalillahi, publik figur yang berjuluk Lord Rangga meninggal dunia, netizen berikan ungkapkan belasungkawa

Ia berharap langkah tegas KPU dan Bawaslu memberi efek jera agar langkah yang diduga mencuri start kampanye itu terjadi lagi, termasuk dari pihak lain.

Selain itu, lanjut dia, laporan itu bisa menjadi arahan agar partai diwajibkan membuat laporan mengenai sumber dana untuk melakukan kegiatan kampanye.

"KPU dan Bawaslu harus menertibkan kampanye terselubung yang dilakukan oleh Anies dengan alasan kegiatan partai Nasdem," ujarnya.

Sekali lagi, ia mengatakan agar KPU dan Bawaslu menindaklanjuti soal laporan masyarakat terkait partai yang dianggap mencuri start kampanye. Sebab, hal itu tidak sesuai dengan aturan yang telah dibuat oleh pihak KPU dan Bawaslu selaku lembaga yang dipasrahi untuk bertanggungjawab soal Pilpres.

Baca Juga: Kiky Saputri tahan tangis saat roasting Anies Baswedan, ternyata ini alasannya

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Rumah Politik Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Nama dataran rendah di Pulau Jawa

Selasa, 7 Februari 2023 | 16:16 WIB