Firli Bahuri sebut pengusutan Formula E masih terus berjalan, pengamat: Belum ada tanda kemajuan

- Kamis, 8 Desember 2022 | 14:46 WIB
Pengamat sororti politisasi terhadap KPK saat memeriksa Formula E (Instagram @fiaformulae)
Pengamat sororti politisasi terhadap KPK saat memeriksa Formula E (Instagram @fiaformulae)

Hops.ID – Pernyataan Ketua KPK Firli Bahuri soal kelanjutan pengusutan kasus Formula E menuai perhatian dari pengamat kebijakan publik Trubus Rahardiansyah.

Dalam pernyataannya, Firli mengungkapkan pengusutan kasus Formula E masih berjalan. Menurut Trubus, pernyataan itu belum bisa menjawab keresahan publik yang sudah terlanjur pesimis terhadap perkembangan kasus itu.

"Enggak ada tanda kemajuan apa pun. Sepertinya, anggapan pendukung Anies bahwa kinerja KPK tidak profesional pada akhirnya menjadi nyata."

"Harusnya (KPK) membuktikan tuduhan itu tidak tepat. Kalau memang ada (korupsi) ya ada, kalau enggak ada ya sudah enggak ada. Jadi jelas gitu, jangan dibuat seperti itu," kata Trubus sebagai keterangan langsung Studi Demokrasi Rakyat dikutip Hops.ID pada 8 Desember 2022.

Baca Juga: 7 Pemilik KTP ini berhak atas bansos PKH 2023 dan dapatkan bantuan lansia sampe ibu hamil Rp3 juta di link ini

Ia kemudian membandingkan pernyataan Firli dengan Komisioner KPK lainnya yang menurutnya berbeda. Sebelumnya, Ketua lainnya menyampaikan ada perkembangan dan sekarang pernyataan Firli disebut normatif.

"Saya lihat KPK ini enggak satu suara, enggak kompak mereka. Omongannya sulit dipercaya mana yang bener. Publik melihatnya ya tendensius, nggak profesional, kelihatan juga bermain politis. Jadi sangat beda lah KPK sekarang, nggak seperti dulu, jauh."

Namun, ia masih berharap KPK dapat bergerak cepat mengusut kasus Formula E. Ia juga mendesak adanya kenaikan status menjadi penyidikan sekaligus menjelaskan alasannya.

Baca Juga: Tamu undangan dilarang pakai batik parang lereng saat resepsi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, mengapa?

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Studi Demokrasi Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sri Mulyani jadi calon Gubernur BI? Simak faktanya

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:21 WIB