Sambo yang gagah tampak kikuk saat sidang, Pakar Mikro Ekspresi: Menunjukkan stres!

- Kamis, 8 Desember 2022 | 15:26 WIB
Sambo yang gagah tampak kikuk saat sidang, Pakar Mikro Ekspresi sebut: Menunjukkan stres, karena pundak sini juga naik gitu ya (Tangkapan layar YouTube Kompas TV)
Sambo yang gagah tampak kikuk saat sidang, Pakar Mikro Ekspresi sebut: Menunjukkan stres, karena pundak sini juga naik gitu ya (Tangkapan layar YouTube Kompas TV)

Hops.ID - Sidang pembunuhan Brigadir Yoshua Hutabarat kini menghadirkan Ferdy Sambo sebagai saksi. Namun, dari keterangan yang disampaikannya, banyak sekali hal yang tidak masuk akal, terlebih banyak juga keterangan yang selalu berubah ubah dari sebelumnya.

Ketua majelis hakim bernama Iman Santoso pun mengungkapkan keraguan atas keterangan yang disampaikan Sambo. Menarik untuk terus dibahas, sikap dan bahasa tubuh yang tampak dari mantan Kadiv Propam itu pun menarik perhatian dari seorang pakar mikro ekspresi.

Dilansir Hops.ID dari YouTube Kompas TV pada kamis, 8 desember 2022, berikut penjelasan Monica Kumalasari selaku pakar mikro ekspresi terkait Sambo.

Baca Juga: Cinta tak terbalas! Lagu It​s Only Me sangat mewakili perihnya rasa, simak lirik, terjemahan dan maknanya

"Kalau kita lihat bagaimana gestur maupun mikro ekspresi yah, Pak Sambo ini sungguh berbeda sekali ya, keluar dari kebiasaannya. Karena nada atau intonasi suaranya itu benar benar sudah sangat lambat, terus kemudian juga menggunakan suara di dalam ya. Ini berbeda sekali ya, dengan beliau pada biasanya di sidang sidang sebelumnya,’’ ungkap Monica Kumalasari.

Intonasi suara yang diucapkan Sambo kali itu bukanlah cerminan pribadi aslinya yang tegas layaknya seorang penegak hukum pada umumnya. Hingga banyak pihak, terlebih pakar mikro ekspresi menangkap ada kejanggalan pada diri Sambo.

"Dari yang merupakan indikasi dari seseorang itu berbohong ya, salah satunya apabila keluar dari kebiasaannya. Itu yang menunjukkan adanya kebocoran kebocoran yang mesti kita gali lagi, salah satunya adalah suara yang meninggi sekali, atau suara yang akhirnya dalam, terus kemudian pelan seperti ragu. Seperti itu,’’ lanjut pakar mikro ekspresi.

Baca Juga: Geger caption foto Indah Permatasari singgung cari jalan restu, nyinyirin ibu sendiri di sosmed?

‘’Kalau kita melihat dari gestur, dari makro gestur, dari body language ya, semakin hari semakin bongkok, tetapi menunjukkan juga stres, karena pundak sini juga naik gitu ya, tapi kita lihat dari intonasi suara ini sangat berbeda sekali,’’ ungkapnya.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: YouTube Kompas TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sri Mulyani jadi calon Gubernur BI? Simak faktanya

Rabu, 1 Februari 2023 | 10:21 WIB