Pulau Pasir disebut bisa jadi asal mula Indonesia perang dengan Australia: Punya minyak 5 juta barel!

- Senin, 23 Januari 2023 | 15:10 WIB
Pulau Pasir (Wikimedia Commons)
Pulau Pasir (Wikimedia Commons)

Hops.ID – Beberapa waktu belakangan ini banyak yang mencari-cari alasan asal mula Indonesia perang dengan Australia, yang ternyata terkait dengan sengketa Pulau Pasir yang di dalamnya terkandung minyak bumi dan gas alam dalam jumlah fantastis.

Masalah Pulau Pasir yang telah berlangsung selama puluhan tahun ini disebut-sebut menjadi asal mula Indonesia perang dengan Australia, karena klaim Australia terhadap pulau ini yang diperkirakan memiliki kandungan minyak sebesar 5 juta barel.

Meskipun polemik sengketa Pulau Pasir tak sebesar Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan dahulu, namun pada akhirnya permasalahan tersebut disebut bisa menjadi asal mula Indonesia perang dengan Australia, karena di satu sisi secara historis pulau ini sangat erat hubungannya dengan Indonesia, namun di sisi lain pemerintah Indonesia tampak tak memperjuangkan pulau ini.

Baca Juga: Sebut bukan anak durhaka, Nikita Mirzani sesali orang tuanya pergi terlalu cepat: Gue ngga akan dikerjain!

Dahulu digunakan sebagai rest area nelayan pulau Rote

Diketahui jika Pulau Pasir yang disebut Ashmore Reef oleh Australia ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan Indonesia yaitu sekitar 140 KM dari selatan Pulau Rote, NTT sementara dari utara Australia berjarak 320KM.

Bahkan menurut data Pre Colonial History atau sejarah sebelum kolonial dulu, Pulau Pasir adalah wilayah yang tergabung dalam Nusantara Indonesia termasuk juga di dalamnya Broome Australia yang merupakan areal tradisional fishing ground-nya orang Indonesia.

Kabarnya, dahulu nelayan-nelayan dari Timor, Ambon, Makassar hingga warga Pulau Rote memanfaatkan Pulau Pasir ini sebagai rest area serta tempat transit perjalanan di sisi selatan Nusa Tenggara.

Baca Juga: Berani maju ke dunia politik, Nikita Mirzani bandingkan pejabat dan mantan suami: Laki gue solat tapi zina!

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: YouTube Bossman Mardigu, YouTube MD Universe

Tags

Artikel Terkait

Terkini