Dewas KPK diimbau tak ulur waktu tindaklanjuti laporan dugaan ketidakprofesionalitas Karyoto dan Endar

- Rabu, 1 Februari 2023 | 10:56 WIB
Gedung KPK (website KPK)
Gedung KPK (website KPK)

Hops.ID – Dewas KPK kembali diingatkan agar tak lama-lama menindaklanjuti laporan soal ketidakprofesionalan Deputi Penindakan KPK Karyoto dan Direktur Penyelidikan KPK Endar Priantono.

Pengamat dan Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas menyatakan agar Dewas KPK memberikan sanksi tegas sebab ada dugaan menghambat pengusutan kasus Formula E.

"Sebaiknya Dewas KPK menindaklanjuti laporan tersebut karena lambatnya proses penyelidikan kasus Formula E yang mereka tangani," kata Fernando Emas, dikutip Hops.ID dari Rumah Politik Indonesia pada 1 Februari 2023.

Ia menyayangkan belum tuntasnya kasus Formula E yang sudah ditangani lebih dari satu tahun dan tanpa kepastian hukum. Ia menegaskan sebaiknya KPK perlu meningkatkan kasus tersebut atau menghentikan sama sekali.

Baca Juga: Sejumlah fakta orang yang lahir di bulan Februari, salah satunya kurang berjodoh dengan…

"Deputi Penindakan dan Direktur Penyelidikan memiliki peran penting terhadap proses penyelidikan terhadap suatu kasus yang ditangani oleh KPK. Sehingga perlu Dewas KPK untuk menindaklanjuti laporan dari kelompok masyarakat terhadap 2 petinggi KPK tersebut apakah memang ada upaya menghambat dari internal KPK atau memang prosesnya sangat sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama."

Pihaknya juga sangat menantikan hasil dari langkah hukum yang akan dilakukan Dewas KPK terhadap laporanitu.

"Kita tunggu apa hasil dan rekomendasi dari Dewas KPK terhadap laporan tersebut untuk bisa ditindaklanjuti oleh pimpinan KPK."

Baca Juga: Intip harga tak wajar aksesoris mungil milik Nagita Slavina, netizen: Kalo UMR Jakarta menangis, gimana Jogja?

Kritisi langkah Bw

Fernando juga mengkritisi upaya mantan pimpinan KPK Bambang Widjojanto (Bw) yang kerap menyerang pimpinan KPK Firli Bahuri cs.

Fernando menilai seharusnya Bw selaku mantan pimpinan KPK mendukung langkah hukum KPK terhadap siapa pun guna memberantas korupsi.

"Seharusnya Bw membiarkan proses yang sedang berlangsung di KPK atas kasus Formula E, jangan mencoba membangun opini yang seolah-olah KPK melakukan penyelidikan dan kalau meningkatkan status karena ada muatan politik."

Baca Juga: Merasa ditipu, cewek Open BO bongkar borok pengacara inisial R: Dia itu…

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Rumah Politik Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini