Ibu Kota DKI Jakarta bukan lagi pusat pemerintahan mulai tahun 2024, begini penjelasannya

- Rabu, 8 Februari 2023 | 15:42 WIB
Jokowi akan mengeluarkan Keputusan Presiden terkait kepindahan Ibukota DKI Jakarta ke Nusantara Kalimantan Timur pada 2024. (Unsplash/@Fuad Najib)
Jokowi akan mengeluarkan Keputusan Presiden terkait kepindahan Ibukota DKI Jakarta ke Nusantara Kalimantan Timur pada 2024. (Unsplash/@Fuad Najib)

Hops.ID - DKI Jakarta bukan lagi pusat pemerintahan mulai tahun 2024. Ibu Kota Negara (IKN) akan mulai pindah ke Nusantara Kalimatan Timur mulai tahun 2024.

Dilansir laman resmi Ibu Kota Negara (IKN), Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susanto, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengeluarkan Keputusan Presiden (Kappres) terkait perpindahan Ibu kota negara ke Nusantara Kalimantan Timur pada 2024.

“Ini memang kami emban hingga 2024 dan pada tahun 2024 Presiden akan mengeluarkan Keputusan Presiden (keppres) yang menyatakan ibu kota akan pindah ke IKN Nusantara pada tahun 2024 tersebut,” kata kepala otoritas IKN Bambang Susanto dikutip Hops.ID dari laman resmi Ibu Kota Negara.

Baca Juga: Bikin Denny Sumargo berfantasi, Ayu Aulia jujur banget sebut alasannya suka pria beristri: Aku suka...

Bambang Susanto juga mengatakan saat ini peraturan Pemerintah (pp) yang akan mengatur skema pemberian insentif untuk investor IKN dan tinggal menunggu tanda tangan Presiden Joko Widodo.

“Semuanya sudah paraf, semua Menteri sudah paraf termasuk saya, dan kemudian selanjutnya lewat Sekretaris Negara (setneg) kemudian diberikan ke Presiden untuk di tandatangani,” kata Bambang.

Bambang menilai, hal itu tidak memakan waktu lama dan dalam waktu dekat akan di terbitkan tinggal menunggu Presiden Joko Widodo menandatangani.

Baca Juga: Getol minta jatah tapi tak beri nafkah, Ferry Irawan salip gugat cerai Venna Melinda: Soal harta...

“Itu Insyallah akan segera dikeluarkan dan nanti bersama dengan kementrian Investasi akan dipaparkan ke semua pihak apa isinya,” lanjut Bambang.

Dengan Kata lain pada tahun 2024, Ibu kota Negara resmi pindah dari Jakarta ke Kalimatan. Adapun tugas Badan Otoritas IKN mencakup persiapan, pembangunan, pemindahan, dan penyelenggara pemerintahan.

Saat ini pihak otoritas IKN sedang mengupayakan pemindahan termasuk untuk layanan publik secara bertahap.

Baca Juga: Dinilai terlalu seksi, Salma Hayek dilarang tampil lucu dalam film selama bertahun-tahun

“Walaupun tanggalnya masih 2024 tapi persiapannya harus kami lakukan dari sekarang, persiapaan pemindahan bagaimana kita memindahkan ASN, TNI, Polri dalam beberapa tahapan bahkan penyelenggara pemerintah harus kami pikirkan dari sekarang,” kata Bambang lagi.

Bambang juga menambahkan, pada paruh pertama 2024, terkait pemindahan ibu Kota ke IKN pada 2024, Presiden Joko Widodo optimis upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) bisa di gelar disana pada tahun tersebut.

Halaman:

Editor: Reynette Fausto Fabiani

Sumber: ikn.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini