Trending

Trik ampuh bisnis desain interior ala Ganda ‘Ganindra’

Berbekal pengalaman kerja bidang kontraktor di sebuah perusahaan, Ganda Riswo Adhityo (39 tahun) nekat banting setir membuka usaha di bidang kontraktor arsitektur interior furniture di Jalan Manunggal Pratama, Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Hasilnya, usaha yang diberinama CV Ganindra Jaya Makmur itu kini terus merangsek maju.

Banyak proyek pengerjaan jasa kontraktor arsitektur interior furniture, baik di perbankan, perhotelan, sampai rumah tinggal, sukses ditangkapnya dengan matang.

Tak cuma area Jabodetabek, jangkauan Ganindra Jaya Makmur bahkan mulai merambah ke Pulau Jawa. Dalam kesempatan wawancaranya dengan Hops.id, Ganda ‘Ganindra’ mengaku mulai serius merintis usaha tersebut sejak 2 tahun lalu. Warga Koja, Jakarta Utara ini sebelumnya bekerja di sebuah bank kenamaan di Indonesia.

Namun dia memilih berdikari mengambil jalannya sendiri. “Iya, kita dari kecil. Dulu saya kerja di kontraktor BCA, kemudian keluar, dan saya beranikan diri untuk membuat ini, jalan sendiri. Dari sana, alhamdulillah hasilnya lumayan,” kata Ganda.

Ganindra Jaya Makmur tercatat memiliki klien yang beragam. Kliennya datang dari kalangan perkantoran, perbankan, sampai rumah tinggal. Kata Ganda, belakangan pihaknya sangat akrab dengan pengerjaan proyek kontraktor arsitektur interior furniture di perbankan, utamanya Bank Centra Asia (BCA).

Bank itu, kata dia, untuk area sejabodetabek acap berlangganan memakai jasanya. “Dari 12 kanwil, dua sering menggunakan jasa kita. Yakni kanwil 2 dan 9,” katanya.

Renovasi gedung, pembuatan counter dan branding wall, pengecatan gedung, pemasangan neon box, penataan banking hall, pembuatan ground tank, penataan ruangan, sampai relokasi, dan mekanikal elektrikal akrab dikerjakan Ganindra.

Pengerjaan garapan Ganindra Jaya Makmur. Foto: Hops.id.
Pengerjaan jasa kontraktor arsitektur interior garapan Ganindra Jaya Makmur. Foto: Dok Ganindra.

Dan dari sekian banyak pengalaman itu pula, banyak pihak lalu terus menaruh kepercayaan padanya, meminta mengerjakan sejumlah proyek, baik proyek rumah tinggal di kawasan Serpong dan Kelapa Gading, sampai perhotelan.

Peluang new normal

Pada kesempatan itu, Ganda kemudian sedikit berbicara mengenai peluang ke depan di era pandemi.

Seperti diketahui, pandemi covid-19 telah membuat semua lini berbenah. Sejumlah penyesuaian ramai-ramai dilakukan, begitu pula halnya untuk urusan interior ruangan; baik rumah, restoran, tempat wisata, hotel, sampai perkantoran.

Banyak dari mereka kini mulai menerapkan jarak antar meja, penambahan partisi, hingga pengaplikasian kompartemen pemeriksaan suhu tubuh dan cuci tangan. Semua dilakukan demi berdamai dengan kondisi new normal.

Penyesuaian ini turut coba ditangkap matang para pelaku usaha, seperti halnya Ganindra Jaya Makmur. Kata Ganda, pihaknya juga siap menerima orderan di perkantoran, rumah tinggal, perhotelan, berkaitan dengan penyesuaian era new normal.

Pengerjaan garapan Ganindra Jaya Makmur. Foto: Hops.id.
Pengerjaan jasa kontraktor arsitektur interior garapan Ganindra Jaya Makmur. Foto: Dok Ganindra.

“(Kalau perkantoran) Ubahan biasanya ada di counter itu ada pembatas (penambahan partisi), lalu desain tak terlalu banyak, tempat duduk dibatasi, penambahan untuk cuci tangan di depan,” kata dia.

Tak cuma perkantoran, rumah tinggal pun juga demikian. Menurut dia, ke depan sebuah ruangan harus didesain dengan memperhatikan standar protokol kesehatan serta memperhatikan bagaimana interior dapat menjadi faktor penting dalam sebuah bangunan.

Di mana pihaknya siap mewujudkan ruangan ideal yang diidamkan banyak pihak.

Buka layanan arsitektur

Bukan sekadar jasa kontraktor, Ganindra Jaya Makmur juga memiliki layanan arsitektur. Klien diperkenankan untuk memesan desain interior dan berkonsultasi dengan mereka terlebih dahulu.

Tenaga yang dimiliki, kata Ganda, juga kompatibel. Sebab Ganda mengaku mempekerjakan banyak tenaga mumpuni dan berpengalaman. Ini, kata dia, penting, dan modal kuat mengapa kini dia mulai banyak dipercaya orang.

Untuk pengerjaan proyek, Ganda juga menggaransi kalau Ganindra Jaya Makmur selalu tepat waktu dari perjanjian di awal. Bahkan pihaknya selalu berusaha mempercepat waktu pengerjaan dengan hasil yang bisa dibanggakan.

Pengerjaan garapan Ganindra Jaya Makmur. Foto: Hops.id.
Pengerjaan jasa kontraktor arsitektur interior garapan Ganindra Jaya Makmur. Foto: Dok Ganindra.

“Biasanya kita ada deal kontrak, kita akan tentukan pengerjaan kita harus sesuai waktu yang tepat. Misal satu bulan ya, kalau bisa lebih cepat terkadang,” katanya.

Pada kesempatan itu dia lantas mencoba membagikan tips agar klien dapat terhindar dari kontraktor sesat. Ini penting agar konsumen tak dikecewakan kontraktor, baik ditinggal pergi begitu saja, sampai menaikkan tarif proyek di tengah jalan.

Kata dia, terpenting adalah melihat rekam jejak kontraktor tersebut. Kedua, didiskusikan secara rinci apa yang diinginkan, sampai detail, termasuk urusan banyak hal.

“Performa (perusahaan) itu bisa dilihat dari sejumlah hasil yang sudah dikerjakannya. Lalu, kalau boleh saran, kalau bisa ada orang yang dikenal dengan perusahaan yang akan kita percaya mengerjakan proyek, itu lebih bagus” katanya.

Ganindra Jaya Makmur sendiri berharap usahanya ke depan semakin moncer. Mereka mengaku siap memberikan harga terbaik bagi para konsumennya. Bukan cuma hasil kerja yang memuaskan, mereka juga mengaku siap memberikan harga bersahabat bagi para kliennya. (Adv)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close