Trending

TVRI banjir kecaman usai ucapkan Hari Anak Nasional, kok terlalu islami

Hari Anak Nasional (HAN) diperingati tiap tanggal 23 Juli. Namun ada yang berbeda dengan Hari Anak Nasional tahun ini, karena berlangsung di tengah pandemi covid-19.

Sama seperti banyak pihak, ucapan Hari Anak pun ramai digaungkan, mulai dari selebriti, lembaga, organisasi, pemimpin negara, sampai masyarakat. Tak ketinggalan, ucapan itu juga disampaikan oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Muslima Fest

Baca juga: Kecewanya ibu editor Metro TV, anaknya disebut bunuh diri: Sakit banget!

“Selamat HARI ANAK NASIONAL 23 Juli 2020. Mari kita bersama ciptakan generasi unggul, untuk Indonesia Maju. Lindungi dan bina masa depan mereka dengan pendidikan terbaik,” sebut TVRI.

Kantor TVRI. Foto: Katadata.
Kantor TVRI. Foto: Katadata.

Namun, ada hal yang justru jadi salah perhatian netizen dari unggahan selamat Hari Anak Nasional yang disampaikan TVRI. Sebab sebagian netizen justru mengkritik kalau ilustrasi gambar yang mereka gunakan sangat terlihat islami.

Dari pantauan Hops, disitat Indozone, Jumat 24 Juli 2020, pada gambar ilustrasi Hari Anak yang diunggah TVRI, terdapat seorang anak lelaki berpeci dan seorang anak perempuan berhijab.

Atas hal itulah, banyak pengguna Twitter dan Instagram yang memprotes, karena dinilai tidak mewakili penampilan anak Indonesia secara umum.

Padahal Indonesia dianggap memiliki keyakinan yang sangat jamak, sehingga ilustrasi itu dianggap tidak mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kenapa harus pakai gambar seperti ini, atau TVRI sudah lupa sama Bhinneka Tunggal Ika. Banyak gambar keceriaan anak-anak. Enggak harus kayak gini, karena enggak semua anak seperti apa yang ada di gambarmu, makanya TVRI enggak ada yang nonton, program saja kayak gini,” kicau akun @salaamitusalam.

Kantor TVRI. Foto: Katadata.
Kantor TVRI. Foto: Katadata.

“Kalau ini sih hari anak muslim nasional. Hari Anak Nasional itu mewakili seluruh agama di Indonesia bukan satu agama saja. Jangan paranoid dan phobia dengan agama yang lain min,” tulis akun @SalmaBrecht.

“Ini maksudnya yang tidak pakai kerudung dan kopiah bukan anak Indonesia gitu? Tidak boleh maju? Begitu dasar berpikirnya kah para direktur @TVRINasional? Enggak malu kalian?” tulis akun @shinesaja.

Pesan Jokowi

Sementara itu, berbeda dari ilustrasi TVRI, ilustrasi HAN yang diunggah akun media sosial Presiden Jokowi justru mendapat pujian karena dianggap keren dan mewakili cita-cita anak Indonesia.

“Bagaimana pun, anak-anak adalah masa depan bangsa ini. Mereka harus mendapatkan perlindungan. Di pundak merekalah, terpanggul harapan akan Indonesia yang maju. Selamat HAN 2020,” tulis Jokowi.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close