Fit

UAS jelaskan puasa orang pakai lipstik dianggap tidak sah

Ada sejumlah hal yang dapat membatalkan puasa Ramadan, di antaranya memasukkan sesuatu ke dalam tubuh. Lantas, bagaimana dengan memakai lipstik saat ber-puasa, sahkah?

Setidaknya pertanyaan ini disampaikan salah seorang jemaah dai kondang Ustaz Abdul Somad, di dalam majelis yang dibawakannya.

Baca Juga: Kenapa ngupil bisa batalkan puasa, UAS kasih penjelasan

“Pak Ustaz, kalau sedang puasa pakai lipstik, apakah puasanya sah?” begitu bunyi salah satu pertanyaan ke UAS, disitat dari siaran Youtube, Selasa 28 April 2020.

Ilustrasi lipstik. Foto: Dok Suara.

Dengan tegas Ustaz Abdul Somad pun kemudian menjawab. Katanya, memakai lipstik tak membatalkan puasa.

“Kecuali memakai lipstik sambil minum es teh, itu baru batal. Tapi yang jadi masalah, karena dia tanya lipstik, lipstik itu di luar,” katanya.

Di dalam mazhab Hambali, jelas UAS, jangankan yang berhubungan di luar tubuh seperti lipstik, ujung lidah mencicip gulai saja tak batal. “Ya itu mazhab Hambali. Tapi mencicip sekali, jangan setengah mangkuk,” katanya yang disambut tawa jemaah.

Tinggalkan make up

Meski memakai lipstik tetap dianggap membuat sah puasa, namun UAS kemudian menyinggung soal make up yang acap digunakan wanita.

Kata ustaz jebolan Al Azhar ini, memakai make up sangat tidak dianjurkan bagi kaum perempuan. Mengapa, lantaran membuat wajah semakin kusam akibat tertutupnya pori-pori

“Banyak pokoknya (masalah make up), banyak. Sudah ndak usah pakai make up, berhenti pakai make up,” katanya lagi.

Ilustrasi make up. Foto: Ist.
Ilustrasi make up. Foto: Ist.

Menurut UAS, kecantikan perempuan tidak terletak pada make up yang digunakan, melainkan pada kecantikan dari dalam. Hati yang bersih dan tahajud lah, yang dianggap bisa makin membuat cantik seorang perempuan.

“Nah ini, bibir merah, jidat hijau, mata biru, wajah putih tebal, eh tangannya hitam. Tak usahlah pakai make up.”

“Karena kalau orang sudah terbiasa pakai make up, ketika dia tidak make up dia tidak pede. Dia tak berani menghadapi orang,” katanya lagi.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close