Trending

UAS kelak ingin bertemu dengan Syekh Ali Jaber di surga

Kepergian Syekh Ali Jaber masih menyisakan duka, terutama bagi para jemaah, kerabat hingga seluruh bangsa Indonesia.

Salah satu yang kehilangan adalah Ustaz Abdul Somad (UAS). Setelah mendengar kabar kematiannya, UAS mencoba mengenang pertemuan pertamanya dengan pria yang memiliki nama asli Ali Saleh Mohammed Ali Jaber ini.

UAS mengungkapkan bahwa dirinya kelak ingin satu majelis bersama Syekh Ali Jaber dan Rasulullah SAW di surga.

“Aku ingin satu majelis bersamamu di surga wahai Syekh Ali Jaber, bersama Rasulullah SAW,” kata UAS dilansir Republika Kamis 14 Januari 2021.

UAS mengatakan, pertemuan dengan Syekh Ali Jaber itu singkat tapi padat manfaat. Satu majelis ilmu, satu majelis sholat berjamaah, dan satu majelis makan bersama orang-orang saleh.

Ustaz Abdul Somad atau UAS
Ustaz Abdul Somad atau UAS. Photo: ustadzabdulsomad_official

Melalui ucapan UAS, banyak yang bertanya-tanya apakah roh orang wafat bisa saling bertemu?

Terkait hal ini Dr Musa bin Fathullah Harun dalam bukunya Perjalanan Rabbani, menjelaskan, maut menjadi pintu gerbang untuk melalui akhirat.

Dalam bukunya ia menjelaskan bahwa kematian merupakan pindahnya roh dari jasad, bukan berakhirnya kehidupan.
“Kematian pun hanya menjadi perpindahan dari alam dunia yang fana ke alam barzakh, yaitu alam pemisah antara dunia dengan akhirat,” katanya.

Lebih lanjut disebutkan bahwa roh manusia yang wafat akan tinggal di alam barzakh hingga hari kebangkitan manusia dari kuburnya pada kiamat kelak.

Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan dari Imam Tirmidzi.

“Sesungguhnya kubur itu awal persinggahan dari persinggahan-persinggahan akhirat. Barang siapa yang selamat darinya, maka yang sesudahnya lebih mudah darinya. Barang siapa yang tidak selamat darinya, maka yang sesudahnya lebih sukar darinya.” (HR Tirmizi, Ibnu Majah dan Ahmad dari Utsman bin Affan RA).

Syekh Ali Jaber
Syekh Ali Jaber. Foto Antara/HO

Tidak hanya menunggu datangnya sangkakala sebagai pertanda kiamat tiba, roh pun bisa berkunjung.

Ibnu Qoyyim al-Jauziyah dalam bukunya berjudul Roh mengungkapkan, selama di alam barzakh, roh orang-orang yang meninggal dunia bisa saling bertemu.

Ibnu Qoyyim menulis bahwa kebersamaan ini berlaku di dunia, alam barzakh, hingga hari pembalasan. Kata Ibnu Qoyyim, ayat tersebut turun saat para sahabat Rasulullah SAW khawatir jika Nabi meninggal dunia dan berpisah dengan mereka.

Sebelumnya dikabarkan Syekh Ali Jaber meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta Pusat pada Kamis (14/1) sekitar pukul 08.30 – 09.00 WIB.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close