Hobi

Motor custom Jokowi berbeda, intip ubahan terbarunya

Presiden Jokowi rencananya akan menjajal sirkuit International Mandalika Nusa Tenggara Barat. Dalam kunjungan kerja melakukan peninjauan sirkuit Mandalika, Jokowi akan menggunakan motor custom terbarunya.

Motor custom terbaru milik orang nomor satu di Indonesia ini berbeda dari model sebelumnya, dimana terdapat beberapa ubahan dibanding motor yang pernah digunakan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah Sukabumi Jawa Barat.

Perbedaan yang paling mencolok terdapat pada perubahan rangka sepeda motor. Dimana sang modifikator yang diperkirakan masih menggunakan bengkel sama yakni Katros Garage tetap mempertahankan model cafe racer sebagai konsep ubahannya.

Motor Custom Jokowi
Motor Custom Jokowi Foto: IG Atenk katros

Ubahan motor custom Jokowi

Jika melihat ubahnnya, Atenk Katros Garage mengubah struktur rangkanya untuk mendapatkan posisi riding yang berbeda dari model sebelumnya. Terlihat dari foto yang tersebar, posisi riding motor custom Jokowi lebih tinggi dari versi sebelumnya.

Untuk mendapatkan posisi riding tersebut, struktur rangka di ubah sehingga stang kemudi lebih tinggi. Diperkirakan langkah ini untuk mendapatkan gaya berkendara yang lebih nyaman di banding ubahan sebelumnya.

Ubahan lain yang terlihat yakni adanya fairing di bagian depan yang menutup hingga bagian bawah mesin. Perbedaan yang mencolok fairing tidak dibiarkan kosong karena terdapat striping atau gambar yang menghiasi hingga bagian tangki bahan bakar.

Berlanjut ke bagian lain, desain jok kini dibuat menjadi single, berbeda dari sebelumnya yang memanjang. Memangkas penggunaan jok single ini, atenk menambahkan cover bodi belakang untuk meningkatkan estetika ubahan.

Selebihnya tidak banyak ubahan, mulai dari penggunaan ukuran ban sampai pelek yang diperkirakan masih tetap dipertahankan Atenk untuk memperkuat kesan cafe racer.

Motor Custom Jokowi
Motor Custom Jokowi Foto: via Mobilinanews

Motor Custom tak ada di daftar harta kekayaan Jokowi

Harta kekayaan Presiden Jokowi berdasarkan laporan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) naik, anehnya, meski harta kekayaan naik, Jokowi justru kehilangan motor Chopper seharga Rp140 juta.

Motor yang sebelumnya viral pada 2018 lalu, karena digunakan oleh Jokowi riding dalam perjalanan dinas negara, mendadak hilang. Sebelumnya pada tahun tersebut, motor Chopper Jokowi masuk dalam salah satu harta kekayaan yang dimilikinya.

Alasan Menyeramkan Dibalik Pisahnya Meriam Bellina-Hotman Paris

Limelight Media

Namun berdasarkan laporan harta kekayaan tahun 2020 lalu, koleksi motor Jokowi pada tahun 2018 dilaporkan ada dua unit. Laporan terbaru justru hanya ada satu unit sepeda motor yang dilaporkan.

Motor Jokowi
Motor Jokowi Foto Atenk Katros

Berikut rincian koleksi mobil dan sepeda motornya saat ini.


Mobil

  1. Suzuki Pick Up Tahun 1997, hasil sendiri Rp 10.000.000
  2. Isuzu Truck Tahun 2002, hasil sendiri Rp 60.000.000
  3. Mercedes-Benz sedan Tahun 2004, hasil sendiri Rp 160.000.000
  4. Mercedes-Benz sedan Tahun 1996, hasil sendiri Rp 60.000.000
  5. Isuzu Truck Tahun 2002, hasil sendiri Rp 60.000.000
  6. Nissan Grand Livina Minibus Tahun 2010, hasil sendiri Rp 75.000.000
  7. Nissan Juke Minibus Tahun 2012, hasil sendiri Rp 220.000.000

Motor
1.Yamaha Vega Tahun 2001, hasil sendiri Rp 2.500.00

Harta kekayaan sepeda motor 2018

Sepeda motor

  1. Yamaha Vega Tahun 2001, hasil sendiri Rp 2.500.000
  2. Chopperland Chopper Tahun 2017, hasil sendiri Rp 140.000.000

Artinya motor Chopper Jokowi tersebut hilang dari daftar salah satu harta kekayaan yang dimiliki Jokowi sejak 2020. Sayangnya tidak diketahui pasti kemana hilangnya motor tersebut hingga tidak terdaftar.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaporkan adanya kenaikan harta kekayaan sejumlah pejabat penyelenggara negara selama periode pandemi Covid-19, salah satunya Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close