Pernah lihat hewan kurban nangis saat akan disembelih, begini faktanya

- Jumat, 31 Juli 2020 | 08:25 WIB
Hewan kurban mengeluarkan air mata
Hewan kurban mengeluarkan air mata


Setiap Idul Adha, umat Islam menunaikan kurban berupa kambing atau sapi. Setelah disembelih, daging hewan kurban akan dibagikan pada mereka yang membutuhkan. Proses penyembelihan hewan kurban bisa disaksikan oleh umum. Nah, pada momen ini seringkali hewan kurban nangis dengan mengeluarkan air mata.





Hewan kurban punya kelenjar air mata





Ada alasan ilmiah di balik keluarnya air mata hewan kurban saat akan disembelih. Hewan kurban nangis karena memiliki kelenjar air mata atau lakrimal. Sebenarnya, enggak hanya hewan kurban seperti sapi, kambing dan unta saja yang punya kelenjar lakrimal.





Baca juga: Gilang si predator seks fetish kain jarik ngaku pancarkan aura jahat





Nah, saat hewan mengeluarkan air mata itu disebut proses lakrimasi, menurut Livestock Research International. Sama kayak manusia, air mata pada hewan untuk menjaga bola mata agar tidak iritasi.





-
Sapi mengeluarkan air mata. Foto: Pixabay




Kebetulan sapi punya kelenjar lakrimal yang cukup aktif. Air mata sapi bisa keluar kapan saja tanpa mengenal waktu. Biasanya sapi akan ‘nangis’ kalau mengalami iritasi atau infeksi mata. Bersamaan dengan keluarnya air mata, partikel seperti tanah, kotoran, debu akan dibersihkan.

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari - Hops.ID

Tags

Terkini