Memahami Asmaul Husna Al Karim beserta artinya dan penerapannya di kehidupan sehari-hari

- Rabu, 24 Maret 2021 | 17:17 WIB
Al Karim. Foto: Twitter
Al Karim. Foto: Twitter


Allah SWT memiliki 99 nama dalam Asmaul Husna yang menggambarkan keagungan-Nya sebagai penguasa seluruh alam semesta. Salah satu nama yang dimiliki Allah adalah Al Karim yang makna, artinya, hingga penerapan nilai-nilainya akan dibahas pada artikel ini.





Secara bahasa, melansir Understand Quran, Rabu 24 Maret 2021, Kareem, Akram, dan Ikraam berasal dari akar kata kaaf-raa-meem, yang menunjukkan dua arti utama.





Arti pertama adalah 'menjadi dermawan', 'memberi' dan 'bersifat dermawan'. Sementara itu, arti kedua dari akar kata ini adalah 'sangat dihormati', 'dihormati' dan 'dihargai'.





Akar ini muncul 47 kali dalam Alquran dalam delapan bentuk turunan. Contoh bentuk-bentuk ini adalah al-akram (Yang Maha Dermawan), kareemun (Mulia), kiraaman (Yang Bermartabat), al-mukrameen (Yang terhormat) dan al-ikraam (​​Kehormatan).





Dalam bahasa Arab, 'kareem' tidak hanya berarti murah hati tetapi istilah tersebut memiliki banyak arti. 'Kareem' juga termasuk sabar, baik hati, lembut, sabar, mulia, murni dan bermanfaat. Dengan kata lain, setiap hal yang terpuji digambarkan sebagai 'kareem'.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama - Hops.ID

Tags

Terkini

Lirik lagu Plus n Minus - Yein eks LOVELYZ

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:45 WIB

Lirik lagu Feelin Like - PENTAGON

Senin, 24 Januari 2022 | 18:34 WIB

Lirik lagu Merasa Indah - Tiara Andini

Senin, 24 Januari 2022 | 14:21 WIB
X