Hama rayap jenis ini ternyata memiliki kemampuan arsitek bangunan

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 20:29 WIB
rumah rayap
rumah rayap


Rayap merupakan hewan kecil yang tidak memiliki keuntungan bagi manusia sehingga disebut sebagai hama, cilakanya hama ini sering merusak perabot kayu. Namun terdapat jenis rayap yang banyak disebut sebagai hama ternyata memiliki kemampuan  arsitek mampu membuat bangunan yang bikin manusia takjub.





Bahkan salah satu hasil karya rayap atas bangunan arsitek yang dirancangnya berada di Merauke tepatnya di jalan trans Taman Nasional Wasur yang menuju kota Sota perbatasan NKRI-PNG. Disana terdapat bangunan gundukan tanah rancangan arsitek rayap.





Warga setempat mengutip mongabay menyebut bangunan tersebut sebagai masamus atau bomi. Tinggi dan besar bangunannya bahkan ada yang setinggi orang dewasa. Gundukan tersebut merupakan rancakan dari insekta kecil yakni rayap.





Luarbiasanya, masamus yang dibuat oleh insekta kecil ini tingginya dapat melebihi orang dewasa. Konon, selain dapat dijumpai di Merauke yang memiliki iklim panas dan gersang, hanya ada tempat lain di muka bumi dimana kita dapat menjumpai rumah rayap ini, yaitu Australia (Northern Territory dan West Australia) dan savana Afrika yang memiliki iklim serupa.





-
Rumah raya setinggi manusia Foto: Ridzki R Sigit/Mongabay Indonesia




Masamus sendiri sering dinilai sebagai rumah dari koloni semut, namun hal tersebut menurut para peneliti tidaklah sepenuhnya benar. Masamus adalah rumah rayap (termite mound) dari genus Macrotermes. Para ilmuwan mencatat terdapat lebih kurang 330 spesies rayap dari genus Macrotermes yang tersebar dari Afrika Tropis hingga Asia Tenggara dan Australia.

Halaman:

Editor: Mufrod - Hops.ID

Tags

Terkini