50+ Quotes kata-kata bijak Pramoedya Ananta Toer penuh makna hidup

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 16:31 WIB
Pramoedya Ananta Toer. Foto: Ist
Pramoedya Ananta Toer. Foto: Ist


Quotes kata-kata bijak dari penulis buku ternama Pramoedya Ananta Toer dicari banyak orang lantaran penuh makna kehidupan.





Selama hidup hingga akhir hayat, Pram sudah menghasilkan lebih dari 50 karya dan diterjemahkan dalam 41 bahasa.





Biografi singkat Pramoedya Ananta Toer





-
Pramoedya Ananta Toer. Foto: Dok Pribadi Pramoedya | Quotes kata-kata bijak Pramoedya Ananta Toer penuh makna hidup




Menyadur Ensiklopedia Kemendikbud, Pramoedya Ananta Toer terkenal sebagai pengarang novel tahun 1940-an dengan novelnya, antara lain, Keluarga Gerilya dan Perburuan. Dia lahir di Blora, Jawa Tengah, tanggal 6 Februari 1925 dan meninggal di Jakarta 30 April 2006.





Nama asli Pramoedya adalah Pramoedya Ananta Mastoer, sebagaimana yang tertulis dalam koleksi cerita pendek semi-otobiografinya yang berjudul Cerita Dari Blora. Oleh karena nama keluarga Mastoer (nama ayahnya) dirasakan terlalu aristokratik, ia menghilangkan awalan Jawa "Mas" dari nama tersebut dan menggunakan "Toer" sebagai nama keluarganya.





Ayahnya adalah seorang guru yang mula-mula bertugas di HIS Rembang, kemudian menjadi guru sekolah swasta Boedi Oetomo dan menjadi kepala sekolah. Ibunya adalah anak penghulu di Rembang. Dalam "Memoar-Hikayat Sebuah Nama" (1962) dikemukakan, bahwa dalam lingkungan keluarganya ia dipanggil sebagai Mas Moek karena menjadi anak sulung 8 bersaudara (5 lelaki dan 3 perempuan).

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa - Hops.ID

Tags

Terkini

Lirik lagu Sekecil Aku - Farel Prayoga ft. Mufly Key

Minggu, 2 Oktober 2022 | 10:21 WIB