Al Malik dalam Asmaul Husna: Lengkap keutamaan dan artinya

- Senin, 23 Agustus 2021 | 22:29 WIB
Ilustrasi bersumpah bawa nama Allah. Foto: Islami.co
Ilustrasi bersumpah bawa nama Allah. Foto: Islami.co


Al Malik artinya adalah maharaja dalam Asmaul Husna. Memang setiap bacaan Asmaul Husna memiliki keutamaan dan arti masing-masing. Begitupun dengan Al Malik, apa itu? Simak ulasan berikut.





Al Malik artinya





Melansir Detik, buku berjudul 'Rahasia Keajaiban Asmaul Husna' oleh Syafi'ie el-Bantanie menjelaskan arti kata Al-Asma. Yakni, Al-Asma merupakan bentuk jamak dari kata Al-Ism yang berarti nama. Allah SWT memiliki apa yang dinamai-Nya sendiri dengan Al-Asma. Al-Asma sendiri bersifat Husna. Kata Husna merupakan bentuk feminim dari kata ahsan yang berarti terbaik. Penyifatan nama-nama Allah dengan kata yang berbentuk shighat mubalaghah (kata yang menyatakan paling) ini menunjukkan bahwa nama-nama tersebut bukan hanya baik dan indah tetapi juga terindah.





"Sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama-seratus kurang satu-siapa yang 'Ashaha' (mengetahui, membaca, memahami, meneladani) maka dia masuk surga. Allah itu ganjil (Esa) dan menyukai yang ganjil." (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad dan lain-lain).





-
99 Asmaul Husna mengangungkan nama Allah SWT Sumber: Pinterest




Al Malik secara bahasa artinya raja atau penguasa. Al Malik memiliki makna penguasa terhadap sesuatu karena kekuataan pengendalian. Allah SWT memiliki sifat Al Malik yang artinya Allah Maharaja. Di dalam QS. Az Zuhkruf ayat 85 disebutkan bahwa Allah SWT bukan hanya raja dan berkuasa di dunia, tetapi juga raja dan berkuasa di akhirat.





وَتَبَارَكَ ٱلَّذِى لَهُۥ مُلْكُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا وَعِندَهُۥ عِلْمُ ٱلسَّاعَةِ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Halaman:

Editor: Fachrina Fauziah - Hops.ID

Tags

Terkini