Mengapa manusia perlu aturan? Apa perbedaan aturan dan norma? Cek jawabannya di sini

- Jumat, 5 November 2021 | 14:56 WIB
Mengapa manusia perlu aturan? Foto: Shutterstock
Mengapa manusia perlu aturan? Foto: Shutterstock


Aturan menjadi suatu hal yang selalu ada di kehidupan manusia di belahan dunia manapun. Hal tersebut pasti sudah tidak asing di kehidupan kita karena selalu bersinggungan dengan aturan. Lantas, sebenarnya apa alasan aturan dibuat? Mengapa manusia perlu aturan?





Mengapa manusia perlu aturan? Apa bedanya aturan dan norma?





Manusia membutuhkan aturan agar dapat menjalankan kehidupan dengan tenteram. Ketenteraman itu pastinya akan membawa manusia kepada rasa aman dan nyaman. Untuk menciptakan rasa tersebut diperlukan aturan untuk mencegah manusia betindak melewati batas wajar.





Aturan mempunyai dua jenis, yaitu tertulis dan tidak tertulis. Aturan tertulis tertuang dalam undang-undang dan hukum konstitusi lainnya. Sedangkan, aturan tidak tertulis terjadi dalam adat istiadat masyarakat atau bisa kita sebut dengan norma.





Dilansir Hops dari CNN yang mengutip perkataan Thomas Hobbes dalam karya De Cive, "Manusia adalah serigala bagi manusia lainnya". Dapat diambil makna dari kalimat tersebut bahwa sebenarnya manusia saling menyakiti satu sama lain.





Maka dari itu, manusia harus hidup bersinggungan dengan aturan untuk menghindari hal tersebut. Dengan dibuatnya aturan, diharapkan bisa menjadi pedoman hidup dan dapat mencapai tujuan berikut.

Halaman:

Editor: Shafa Haudy Taufik - HopsID

Tags

Terkini

7 Kasus pelanggaran pelanggaran HAM di Indonesia

Sabtu, 3 Desember 2022 | 09:56 WIB