Pengertian hingga jenis-jenis instansi, penjelasan lengkapnya adalah...

- Senin, 29 November 2021 | 21:56 WIB
gedung pancasila kemlu
gedung pancasila kemlu


Instansi-adalah">Instansi adalah badan pemerintah umum (seperti jawatan atau kantor) berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Contoh instansi sendiri adalah berupa tingkatan (pengadilan) dan apa itu instansi berupa tahap (dalam rapat dan sebagainya). Secara singkat, instansi adalah pemerintah umum.





HopsID kini akan menjelaskan perbedaan instansi pusat dan daerah berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara pada Pasal 1 angka 15.





Instansi-adalah">Instansi adalah...





Banyak yang mengira bahwa instansi adalah milik pemerintah, padahal ada pula instansi yang dimiliki perseorangan. Instansi pemerintah adalah berupa instansi pusat dan daerah. Sementara yang swasta biasanya bertanggung jawab pada pemegang saham dan direktur utama.





Instansi pemerintah dapat diartikan sebagai semua lembaga pemerintah yang melaksanakan fungsi administrasi pemerintahan di lingkungan eksekutif, baik di pusat maupun daerah. Termasuk komisi-komisi, dewan, badan yang mendapat dana dari APBN/APBD. Sementara yang swasta bisa digambarkan sebagai usaha yang didirikan dan dimodali oleh seseorang atau sekelompok orang. Yang milik swasta memiliki tujuan mencari keuntungan untuk usaha, modal hingga membuka lapangan pekerjaan.





-
Gedung Kejaksaan Agung RI. Foto: Suara




Menurut UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara pada Pasal 1 angka 15, badan pemerintah berupa instansi pusat dan daerah. Kedua jenis intansi itu memiliki tugasnya masing-masing.

Halaman:

Editor: Fachrina Fauziah - Hops.ID

Tags

Terkini