Unsur-unsur seni rupa dan penjelasannya: Titik, tekstur, hingga warna

- Selasa, 30 November 2021 | 16:09 WIB
Ilustrasi seni. Foto: Unsplash
Ilustrasi seni. Foto: Unsplash


Seni rupa punya beberapa unsur-unsur tersendiri. Apa saja unsur-unsur seni rupa? Yuk, simak artikel berikut selengkapnya!





Siapa nih di antara Hopers yang hobi menggambar atau melukis? Nah, kalian pasti sering mendengar istilah seni rupa dalam pelajaran Kesenian atau dalam berbagai kesempatan. Dilansir dari laman resmi Universitas Widya Kartika, seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang dapat ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan.





Nah, berikut ini merupakan beberapa unsur-unsur seni rupa!





Titik





-
Ilustrasi titik. Foto: Unsplash




Unsur seni rupa yang paling mendasar adalah titik. Kenapa dikatakan sebagai dasar? Karena titik bisa dikembangkan menjadi garis, bentuk, hingga bidang. Bahkan, banyak seni kontemporer yang menggunakan titik sebagai unsur utama dalam sebuah karya. Bahkan, ada pula teknik lukisan yang menggunakan kombinasi berbagai variasi ukuran dan warna titik dikenal dengan sebutan Pointilisme.





Garis





Unsur-unsur seni rupa yang selanjutnya adalah garis atau goresan dari suatu benda, bidang, ruang, tekstur, warna dan lain sebagainya. Garis merupakan bentuk yang lebih panjang dari titik dan bisa dibedakan menjadi beberapa bentuk. Dalam seni rupa, terdapat garis nyata dan garis semu. Dari segi jenisnya, ada garis lurus, garis lengkung, garis majemuk, hingga garis gabungan. Dari sifatnya, ada garis geometris yang teratur (formal) dan ada garis non geometris yang tidak teratur (non formal).

Halaman:

Editor: Nariyati - Hops.ID

Tags

Terkini

Lirik lagu Feelin Like - PENTAGON

Senin, 24 Januari 2022 | 18:34 WIB

Lirik lagu Merasa Indah - Tiara Andini

Senin, 24 Januari 2022 | 14:21 WIB

Lirik lagu Play - Yuju eks GFRIEND

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:21 WIB
X