Umbi batang adalah: Pengertian dan jenis-jenis umbi batang

- Jumat, 3 Desember 2021 | 18:04 WIB
Contoh umbi batang. Foto: Pinterest
Contoh umbi batang. Foto: Pinterest


Umbi batang adalah batang yang dapat tumbuh dan berkembang di dalam tanah. Bagian batang umbi jenis ini mengalami modifikasi pada bagian ujungnya dan menggembung dalam tanah. Biasanya, ada mata tunas di bagian ujung dan samping yang tersusun secara melingkar. Pada bagian permukaan umbi batang akan tumbuh sisik, sedangkan pada bagian kuncup akan membentuk mata tunas.





Umbi batang adalah umbi yang alat perkembangbiakan tersebut karena mampu mengahsilkan tunas dan akar.





Berdasarkan fungsinya, umbi sendiri merupakan pengganti makanan pokok. Bahkan, ada pula umbi yang digunakan sebagai bahan industri seperti ganyong, ubi kayu, bit dan garut.





Berbagai umbi batang sebenarnya sudah akrab kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, umbi batang juga relatif mudah untuk didapatkan. Nah, apa saja sih contoh-contoh umbi batang? Yuk, simak selengkapnya!





-
Contoh umbi batang. Foto: Pinterest




Contoh umbi batang





Kentang atau solabum tuberosum merupakan salah satu contoh umbi batang. Kentang mengandung sejumlah vitamin dari A, B-kompleks, hingga C, dan asam folat. Selain itu, kentang jug amengandung mineral, protein, karbohidrat, karotenoid, dan polifenol. Ada pula zat solanin yang dikenal sebagai obat penenang hingga antikejang.

Halaman:

Editor: Nariyati - Hops.ID

Tags

Terkini

X