Ciri-ciri khusus hewan bebek dan tanda akan bertelur

- Jumat, 3 Desember 2021 | 21:02 WIB
Bebek. Foto: Wikimedia
Bebek. Foto: Wikimedia


Hewan bebek memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakan dengan hewan lainnya. Bebek merupakan spesies burung dalam famili Anatiade yang di dalamnya juga termasuk angsa dan itik.





Bebek identik dengan lehernya yang panjak tapi tak sepanjang angsa. Bentuk hewan ini juga lebih membulat dan sangat menyukai air. Lantas, ciri-ciri apa lagi tentang hewan bebek? Simak ulasan berikut.





Ciri-ciri bebek





-
Bebek. Foto: Pinterest




  • Paruh berbentuk sudu
    Bentuk paruh sudu berfungsi untuk memudahkan mencari makanan di lumpur.
  • Leher panjang
    Leher panjang ini berfungsi untuk memudahkan dalam mengais makanan di air
  • Kaki berselaput
    Berfungsi untuk memudahkannya berenang
  • Bulu berlapis lilin
    Hal ini berguna agar bebek tidak basah saat berenang. Pada bebek betina, warna bulunya sedikit berbeda dengan yang jantan. Yang betina sedikit lebih kusam dan memiliki corak bintik-bintik.
  • Tidak mengerami telurnya
    Bebek termasuk hewan yang malas atau jarang mengerami telurnya. Bebek yang mengerami telurnya sendiri membuatnya akan menghasilkan telur yang lebih banyak.




Tanda bebek akan bertelur





  • Bulu halusnya rontok
    Bulu kapas atau bulu halus yang rontok menandakan bebek akan bertelur. Sedangkan bulu sayap bebek telah pecah berarti bebak itu tidak lama lagi akan bertelur. Bulu halus yang rontok ini biasanya digunakan sebagai alas bertelur bebek. Sehingga, telur akan tetap terjaga suhunya berkat alas itu. Namun, tidak semua bulu yang rontok menandakan bahwa bebek itu akan bertelur.
    Bisa saja bebek itu sedang stres karena perubahan lingkungan dan pakannya. Bebek yang stres biasanya mengkonsumsi pakan yang mengandung kadar garam tinggi atau urea bisa menyebabkan bulu bebek menjadi rontok.
  • Nafsu makan menurun
    Bebek yang akan bertelur ditandai dengan menurunnya nafsu makan. Meski begitu, kondisi kesehatan bebek tetap baik. Justru dengan menurunnya nafsu makan akan memberikan manfaat bagi bebek yang bisa mengurangi kadar lemak dalam tubuh.
  • Gaduh meski tidak ada gangguan
    Bebek yang akan segera bertelur biasanya mengeluarkan suara di malam hari tanpa penyebab yang jelas.
  • Perkawinan semu
    Perkawinan semu antara sesama bebek betina merupakan salah satu ciri khusus bebek yang akan bertelur. Hal itu terjadi karena hormon mempengaruhi alat reproduksi bebek, sehingga basah, melebar dan butuh rangsangan.
  • Mengorek tanah
    Tanda lain bebek akan bertelur adalah kerap membuat sarang meski naluri mengeramnya sudah hilang. Hal itu lantaran keterbatasan lahan kandang. Sehingga, sarang bebek di tempat pemeliharaan intensif memiliki keterbatasan material dan tidak seperti di alam liar yang terdiri dari ranting, rumput, dan lain sebagainya.

Editor: Fachrina Fauziah - Hops.ID

Tags

Terkini