Suaka margasatwa: Fungsi, contoh, dan bedanya dengan cagar alam

- Minggu, 5 Desember 2021 | 21:04 WIB
Orang Utan. Foto: Rimbakita
Orang Utan. Foto: Rimbakita


Kamu mungkin sering mendengar dan tahu mengenai kata suaka margasatwa dan cagar alam. Namun, tak sedikit yang masih bingung perbedaan antara kedua kata tersebut. Keduanya memang sama-sama wilayah yang menjadi tempat perlindungan suatu habitat. Walau begitu, kedua wilayah itu mempunyai fungsi yang berbeda.





Maka dari itu, artikel ini akan mengupas tuntas tentang suaka margasatwa mulai dari fungsi, contoh, dan perbedaannya dengan cagar alam. Simak ulasan berikut yang telah Hops.id rangkum dari berbagai sumber.





Pengertian dan fungsi





Nama suaka margasatwa mempunyai arti dari setiap katanya. Menurut KBBI, suaka adalah tempat berlindung atau perlindungan, marga adalah turunan, dan satwa mempunyai arti hewan. Dari arti setiap kata dapat disimpulkan bahwa suaka margasatwa adalah tempat perlindungan hewan.





Lebih lengkap, kawasan hutan suaka alam yang dikhususkan untuk melindungi hewan liar dari kepunahan. Hewan liar yang dilindungi di suaka margasatwa memang hewan yang terancam punah, sebut saja salah satunya yakni gajah.





Pengertian suaka margasatwa yang telah disebutkan menjadi fungsi utama tempat ini. Selain itu, terdapat empat fungsi lain dari suaka margasatwa:

Halaman:

Editor: Shafa Haudy Taufik - HopsID

Tags

Terkini

X