Sujud sahwi: Petunjuk, tata cara, hingga hukumnya dalam Islam

- Senin, 3 Januari 2022 | 13:10 WIB
Gerakan sujud dalam sholat (Universitas Muhammadiyah)
Gerakan sujud dalam sholat (Universitas Muhammadiyah)


Hops.ID - Sujud sahwi itu apa sih? Mungkin ada dari sebagian kalian yang bertanya-tanya. Sujud sahwi sendiri merupakan solusi bagi Anda yang tiba-tiba lupa dengan gerakan sholat.

Sudah menjadi hal yang mahfum kadang Anda lupa dengan gerakan sholat, lupa dengan bacaan, atau jumlah rakaat. Jika ini tengah Anda alami, sujud Sahwi adalah rujukan yang disarankan.

Sebelum lebih dalam pada penjelasan, ada baiknya dulu Anda mengerti soal apa itu sujud sahwi. Menurut penjelasan yang dikutip dari buku Serba-serbi Sujud Sahwi besutan Maharati Marfuah, kata sahwi adalah serapan dari bahasa Arab.

Baca Juga: Bacaan tahiyat akhir sampai salam, lengkap arab, latin, dan Bahasa Indonesia

Sahwi memiliki arti lalai atau lupa. Sedangkan merujuk pada ahli fiqih, sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan di akhir sholat atau setelahnya karena adanya kekurangan, baik dengan meninggalkan apa yang diperintahkan atau mengerjakan apa yang dilarang tanpa sengaja.

Seperti diriwayatkan dalam hadist dan dikisahkan oleh Abu Sa'id Al Khudri, Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى ثَلاَثًا أَمْ أَرْبَعًا فَلْيَطْرَحِ الشَّكَّ وَلْيَبْنِ عَلَى مَا اسْتَيْقَنَ ثُمَّ يَسْجُدُ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ فَإِنْ كَانَ صَلَّى خَمْسًا شَفَعْنَ لَهُ صَلاَتَهُ وَإِنْ كَانَ صَلَّى إِتْمَامًا لأَرْبَعٍ كَانَتَا تَرْغِيمًا لِلشَّيْطَانِ

Baca Juga: Bacaan Wudhu sebelum dan setelah, sering diabaikan begini manfaatnya

Artinya: "Apabila kalian ragu dalam (jumlah bilangan rakaat) sholat, maka tinggalkan keraguan dan ambilah yang yakin. Kemudian sujudlah dua kali sebelum salam. Jika ternyata dia shalat lima rakaat, maka sujudnya telah menggenapkan shalatnya. Lalu jika ternyata shalatnya memang empat rakaat, maka sujudnya itu adalah sebagai penghinaan bagi setan." (HR. Muslim no. 571).

Halaman:

Editor: Rendra Saputra

Sumber: Maharati Marfuah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu Dibanding Dia - Lyodra

Kamis, 27 Januari 2022 | 14:41 WIB

Lirik lagu Plus n Minus - Yein eks LOVELYZ

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:45 WIB

Lirik lagu Feelin Like - PENTAGON

Senin, 24 Januari 2022 | 18:34 WIB

Lirik lagu Merasa Indah - Tiara Andini

Senin, 24 Januari 2022 | 14:21 WIB
X