Lisala Folau disebut Aquaman: Selamat dari tsunami usai 27 jam terombang-ambing di laut hingga berenang 7 km

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 14:20 WIB
Lisala Folau (Stuff.co.nz)
Lisala Folau (Stuff.co.nz)

Hops.ID - Nama Lisala Folau kini tengah mendunia. Pria 57 tahun dengan keterbatasan fisik itu telah mengalami sebuah keajaiban.

Kisah Lisala Folau yang berhasil selamat setelah tersapu gelombang tsunami setinggi 6 meter di Tonga menjadi sorotan internasional. Tak hanya itu, pria yang diketahui mengalami masalah pada kakinya sehingga kesulitan untuk berjalan ini, sempat terapung di laut selama 27 jam sebelum akhirnya bisa selamat.

Lisala Folau selamat dari hempasan gelombang tsunami yang terjadi pasca letusan gunung berapi Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang melanda negara kecil di kawasan Oceania, Tonga.

Baca Juga: Gunung berapi Tonga semburkan abu vulkanik 39 KM hingga pecah rekor, apa dampak bagi iklim Bumi?

Saat tsunami melanda, Lisala Folau mengatakan dia baru saja selesai mengecat rumahnya. Dia tidak sempat melarikan diri ketika gelombang raksasa setinggi enam meter menghantam pulau kecil tempat tinggalnya, Atata.

“Ombak itu menghancurkan rumah-rumah dan akhirnya menyedot saya masuk ke dalam air pada Sabtu malam (waktu setempat),” katanya kepada stasiun radio Tonga Broadcom Broadcasting, dikutip 22 Januari 2022. 

Folau baru bisa melakukan wawancara setelah pemadaman komunikasi selama lima hari berhasil dipulihkan.

Lisala Folau (North Wales Pioneer)

Gambar satelit telah mengungkapkan bahwa Atata, yang memiliki populasi sekitar 60 orang, adalah salah satu pulau di Tonga yang paling parah terkena dampak tsunami, setelah Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai meletus dengan hebat. Bahkan banyak pihak yang menyebut kekuatan letusan gunung tersebut lebih dari 500 kali bom nuklir yang dijatuhkan AS di Hiroshima dalam Perang Dunia II.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Independent

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Melawan mitos buruk saat membaca

Rabu, 18 Mei 2022 | 06:35 WIB