Memahami 6 struktur dalam cerpen beserta contohnya: Orientasi hingga komplikasi

- Rabu, 26 Januari 2022 | 04:17 WIB
Menulis teks eksplanasi. Foto: Ist.
Menulis teks eksplanasi. Foto: Ist.

Hops.ID - Hopers, siapa nih di antara kalian yang suka membaca cerpen? Cerpen sering kali kita temukan dalam surat kabar maupun dalam bentuk antologi buku. Menurut KBBI, cerpen merupakan cerita pendek yang berisi tentang kisah cerita yang berisi tidak lebih dari 10 ribu kata. Pada umumnya, cerita pada cerpen bisa memberikan kesan dominan dan berkonsentrasi pada permasalahan satu tokoh. 

H.B. Jassin juga merumuskan pengertian cerpen yang senada dengan itu. Menurut H.B. Jassin, cerpen merupakan sebuah cerita pendek yang memiliki bagian dimana terdapat struktur yang lengkap mulai dari perkenalan, permasalahan dan penyelesaian dari masalah tersebut.

Lantas, bagaimana struktur cerpen dan contohnya? Yuk, simak artikel berikut selengkapnya!

Baca Juga: Cek arti mimpi dan tabel shio 2021 kamu, masih berlaku sampai 31 Januari 2022!

Struktur cerpen

Secara garis besar, struktur cerpen terdiri dari enam elemen dasar. Sebagai penulis, memahami enam elemen dasar cerpen sangat berguna untuk membangun konflik, penokohan, hingga alur cerita. 

Abstrak

Abstrak merupakan pemaparan gambaran awal dari cerita yang dikisahkan. Pada cerpen abstrak biasanya digunakan sebagai pelengkap cerita. Abstrak bersifat opsional atau bisa jadi tidak ada pada cerpen tersebut.

Orientasi

Orientasi cerpen biasanya menjelaskan tentang latar cerita seperti waktu, suasana, tempat/lokasi yang digunakan dalam penggambaran cerita cerpen. Orientasi memberikan gambaran bagi pembaca tentang latar dari keseluruhan cerita sehingga mudah untuk membangun imajinasi. 

Komplikasi

Komplikasi menjelaskan suatu masalah yang dihadapi oleh tokoh. Selain itu, bagian ini juga menjelaskan tentang watak tokoh hingga urutan kejadian yang berhubungan dengan sebab akibat.

Evaluasi

Tak lengkap rasanya jika membaca cerpen tanpa konflik. Nah, evaluasi menejelaskan konflik ang semakin memuncak dalam cerita. Tak hanya sampai di situ, bagian ini juga menjelaskan penyelesaian yang dialami oleh para tokoh.

Halaman:

Editor: Nariyati

Sumber: Gramedia Blog

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Melawan mitos buruk saat membaca

Rabu, 18 Mei 2022 | 06:35 WIB