5 Fandom K-Pop terkuat di dunia, BLINK dan ONCE nomor berapa?

- Rabu, 26 Januari 2022 | 19:00 WIB
BTS. Foto: Soompi
BTS. Foto: Soompi

Hops.ID - Para pecinta K-Pop pastinya suda tak asing lagi dengan isilah fandom. Ya, fandom merupkan sekumpulan penggemar yang menyukai seseorang atau sesuatu. Nah, kehadiran fandom sendiri tentunya berperan besar dalam kesuksesan sebuah grup atau artis.

Dalam dunia hiburan Korea Selatan, terdapat banyak sekali boyband hingga girlband. Para penggemar mereka juga identik sebagai fans yang loyal dan berdedikasi tinggi. Lantas, apa saja 10 fandom K-pop terkuat dan terbesar? 

Yuk, simak artikel berikut selengkapnya!

Baca Juga: Polda Sumut kuliti fakta baru, ternyata bukan cuma pecandu narkoba yang dikerangkeng Bupati Langkat

ARMY - BTS

ARMY merupakan nama fandom dari BTS. Fandom ini terbentuk sejak Juli 2013 lalu. Nah, kamu tahu gak sih kalau ternyata ARMY adalah singkatan dari Adorable Representative MC for You. Selain jumlah yang banyak, ARMY juga dikenal karena dedikasi mereka yan tinggi kepada BTS

Dilansir dari Allkpop, rata-rata ARMY menghabiskan US$1,400 untuk merchandise BTS, konser tiket, dan konten eksklusif idola mereka. Saat BTS hadir di salah satu stasiun nasional Korea Selatan, ARMY bahkan rela membeli semua slot iklan tayangan tersebut. 

Tak hanya itu ARMY juga dikenal karena solidaritas mereka. Saat BTS menunda konser dan mengembalikan uang penggemar, ARMY membuat gerakan untuk menyumbangkan US$333,000 untuk penanganan Covid-19. 

Baca Juga: Putus dari Sarah Louise Gosling, Fadly Faisal jadi incaran baru Chandrika Chika?

Blinks - BLACKPINK

Blink merupakan nama fandom resmi dari BLACKPINK. Nama tersebut merupkan kombinasi dari Black dan Pink. Menariknya, nama fandom ini dibuat sendiri oleh para member BLACKPINK pada 2016 akhir lalu. Fans BLACKPINK disebut-sebut bisa bersaing dengan ARMY dalam hal pengaruh media sosial. Tak hanya itu, views dari MV mereka di YouTube pun mampu menyaingi penyanyi barat. 

Halaman:

Editor: Nariyati

Sumber: AllKpop

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Melawan mitos buruk saat membaca

Rabu, 18 Mei 2022 | 06:35 WIB