Doa ziarah kubur lengkap bacaan dan artinya, wajib diketahui jelang Ramadhan 2022!

- Senin, 28 Maret 2022 | 13:48 WIB
kuburan Nguwot yang dicat warna-warni  Foto: Twitter
kuburan Nguwot yang dicat warna-warni Foto: Twitter

Hops.ID - Menjelang bulan suci ramadan 2022, banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan oleh umat Islam untuk menyambutnya dengan penuh suka cita. Salah satunya melakukan ziarah kubur alias nyekar ke makam sanak saudara yang sudah meninggal. Yuk simak doa ziarah kubur lengkap bacaan dan artinya!

Sebelum pergi berziarah, tentu harus paham betul apa saja doa atau bacaan yang harus dilafalkan saat melakukan ziarah kubur.

Selain itu, penting untuk dipahami bahwa berziarah adalah untuk mendoakan orang yang sudah meninggal, bukan untuk meminta sesuatu.

Dilansir Hops.ID dari laman resmi milik Nahdlatul Ulama, melakukan ziarah kubur pada waktu-waktu tertentu apalagi saat menjelang ramadhan hukumnya sunnah, sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ibnu Hajar al Haitami dalam kitab Fatawa Fiqhiyah al Kubra (2/24).

Baca Juga: Potret Paula Verhoeven di Arab Fashion Week 2022 setelah 3 tahun hiatus

Rasulullah SAW juga telah menegaskan dalam haditsnya bahwa berziarah ke makam orang tua ataupun sanak saudara, pahalanya sama seperti pahala orang haji mabrur dan ketika sudah meninggal kelak akan diziarahi malaikat. Berikut terjemahan hadits Rasulullah SAW:

Artinya: "Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa berziarah ke makam bapak atau ibunya, paman atau bibinya, atau berziarah ke salah satu makam keluarganya, maka pahalanya adalah sebesar haji mabrur. Dan barang siapa istiqomah berziarah kubur sampai datang ajalnya maka malaikat akan selalu menziarahi kuburnya".

Oleh karenanya, ziarah kubur merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan memberikan pahala yang besar bagi siapa saja yang melakukannya secara istiqomah.

Tak hanya itu, berziarah juga memberika pelajaran berharga tentang hidup yaitu mengingatkan tentang kematian sehingga manusia diharapkan akan senantiasa berbuat kebaikan sampai kelak ajal menjemput.

Baca Juga: Heboh! Robot trading kembali makan korban, EA Copet dilaporkan ke Bareskrim Polri

Sementara dikutip Hops.ID dari Pikiran-Rakyat.com, berikut rangkaian doa yang bisa kamu lafalkan saat melakukan ziarah ke makam orang tua maupun sanak saudara yang sudah meninggal dunia.

Perlu dipahami bahwa islam tidak pernah memberatkan umatnya, oleh karenanya doa yang dibaca saat berziarah boleh dilakukan sesuai dengan kemampuan. Namun, akan lebih baik jika bisa mengikuti anjuran doa yang diajarkan oleh para ulama.

doa ziarah kubur lengkap bacaan dan artinya

Bacaan doa ziarah kubur :

1. Mengucapkan salam terlebih dahulu

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa

Sumber: Pikiran Rakyat.com, nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini