3 Fakta menarik pasukan siluman Kopassus Indonesia yang serba rahasia dan misterius

- Kamis, 14 April 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi anggota KOPASSUS Indonesia (Foto: Instagram @eyudregar_ dan @lukenkwz)
Ilustrasi anggota KOPASSUS Indonesia (Foto: Instagram @eyudregar_ dan @lukenkwz)

Hops.ID - Setiap tanggal 16 April, Indonesia memperingati Hari Kopassus yang merupakan akronim dari Komando Pasukan Khusus. Pasukan khusus ini terdiri dari beberapa prajurit TNI terbaik dengan tugas khusus.

Umumnya, Kopassus akan mendapatkan tugas yang sangat berat dan membutuhkan keahlian khusus. Oleh sebab itu, tidak sembarang orang yang bisa menjadi anggota dalam pasukan ini.

Nah, di dalam Kopassus ada satu pasukan yang dijuluki pasukan siluman oleh masyarakat Indonesia, yakni Satgultor 81. Pasukan siluman ini kabarnya merupakan bentukan dari Prabowo Subianto dan Luhut Binsar Panjaitan di tahun 1981.

Baca Juga: Dulu nikahi ibu angkat sendiri, Andhika Gumilang putuskan hijrah: Hampir meninggal dan lihat malaikat

Yuk, simak 3 fakta menarik tentang pasukan siluman Satgultor 81 di bawah ini!

Nama awal Satgultor 81             

Pasukan Satgultor 81 merupakan pasukan terpilih yang hanya menangani objek atau kasus dengan kategori strategis terpilih. Pada awalnya, pasukan ini berfokus pada tugas penanggulangan teror.

Namun, semakin lama, kasus yang mereka tangani semakin melebar ke hal-hal lain. Oleh sebab itu, istilah Gultor dihilangkan dari nama pasukan siluman ini, menjadi Sat-81.

Baca Juga: Erik Ten Hag siapkan 4 pemain hebat untuk Manchester United, Jurrien Timber hingga Darwin Nunez

Satgultor adalah satuan di Kopassus yang setingkat dengan grup dan merupakan salah satu prajurit terbaik dari seluruh prajurit TNI. Bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur.

Halaman:

Editor: Yosafat Diva Bayu Wisesa

Sumber: YouTube Top Info

Tags

Artikel Terkait

Terkini