10 Kejadian yang jadi sejarah dunia pada 25 April dari gempa dahsyat sampai bantuan AS ke Irak

- Senin, 25 April 2022 | 06:18 WIB
Ilustrasi angka 25 (unsplash.com/Waldemar Brandt)
Ilustrasi angka 25 (unsplash.com/Waldemar Brandt)

Hops.ID – Waktu memang banyak menyimpan berbagai sejarah dari masa ke masa. Begitu juga yang terjadi pada 25 April ini. Tak pelak jika kejadian tersebut akan terkenang sebagai sesuatu yang akan jadi besar suatu hari nanti.

Serangkaian peristiwa pada 25 April sudah banyak terjadi. Seperti instrumen hukuman mati pertama yang resmi dijadikan sebagai alat eksekusi, hingga sutradara asal negeri Tiongkok sebagai orang berwarna kulit pertama yang memenangkan Academy Award berkat karyanya.

Masih banyak lagi peristiwa bersejarah lainnya yang akan Hops.id rangkum menjadi 10 kejadian bersejarah di dunia pada 25 April berikut ini.

Baca Juga: 10 Peristiwa bersejarah di 24 April, ternyata Indonesia dan Tiongkok pernah miliki hubungan buruk

1792: Guillotine pertama didirikan di Place de Greve di Paris, Prancis, untuk mengeksekusi seorang perampok. Guillotine adalah instrumen untuk menjatuhkan hukuman mati dengan memenggal kepala.

1859: Pembangunan Terusan Suez secara resmi dimulai lalu selesai 10 tahun kemudian, jalur air menghubungkan Laut Mediterania dan Laut Merah.

1901: New York menjadi negara bagian Amerika Serikat pertama yang mengamanatkan pelat nomor kendaraan. Ketika itu Gubernur Benjamin Barker Odell Junior menandatangani undang-undang yang memerintahkan mobil dan sepeda motor untuk menampilkan inisial nama pemilik yang ditempatkan di bagian belakangnya di tempat yang mencolok.

1915: Korps Angkatan Darat Australia dan Selandia Baru (The Australian and New Zealand Army Corps atau ANZAC) mendarat di Gallipoli di Turki barat selama Kampanye Dardanelles pada Perang Dunia I.

1954: Pemerintah Irak mengumumkan bahwa Amerika Serikat telah menyetujui permintaan yang dibuat olehnya untuk bantuan militer.

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Sumber: history.com, britanica.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini