Bergelar Doktor lulusan luar negeri, Soesilo Toer memilih jadi pemulung karena alasan tak terduga ini

- Rabu, 4 Mei 2022 | 12:00 WIB
Soesilo Toer memilih jadi pemulung meski berglar Doktor (Tangkapan layar YouTube JatengPosTV)
Soesilo Toer memilih jadi pemulung meski berglar Doktor (Tangkapan layar YouTube JatengPosTV)

Hops.ID - Soesilo Toer, adik mendiang sastrawan terkenal Pramoedya Ananta Toer menjadi pemberitaan saat menceritakan kisah hidupnya yang unik.

Soesilo Toer memilih menjadi seorang pemulung meski memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi, yaitu bergelar Doktor lulusan luar negeri.

Hal ini dirasa aneh oleh banyak orang kenapa Soesilo Toer tidak memanfaatkan gelarnya untuk mencari pekerjaan yang layak.

Namun ia memiliki alasan mulia di balik pekerjaannya tersebut. Apa itu? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: 3 Keistimewaan Mieke Wijaya sesaat sebelum meninggal dunia diungkap Nia Zulkarnaen

Kuliah di universitas bergengsi dunia

Dalam obrolannya di sebuah kanal YouTube, Soesilo Toer menyebutkan jika dirinya pernah beberapa kali kuliah di kampus ternama.

Ia pernah berkuliah di Universitas Indonesia (UI) kemudian lulus pada tahun 1962 dan melanjutkan kuliah di Universitas Persahabatan Rakyat Patrice Lumumba Rusia dan lulus pada tahun 1967.

"Saya lulusan UI tahun '62, lulusan Lumumba tahun '67, karena nilai saya ga cum (cumlaude), saya harus praktek 2 tahun kemudian masuk pasca sarjana S3 itu di Institut Perekenomian Rakyat Plekhanov Russian University of Economics, dan tahun '71 lulus" ujar Soesilo dikutip Hops.ID dari kanal YouTube JatengPosTV pada Rabu, 04 April 2022.

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Sumber: YouTube JatengPosTV

Tags

Artikel Terkait

Terkini