Pemerintah Tibet tingkatkan taraf hidup penyandang disabilitas dengan akses luas mendapat pekerjaan

- Selasa, 17 Mei 2022 | 14:40 WIB
Kota Lasha, Tibet.
Kota Lasha, Tibet.

Hops.ID - Jumlah penyandang disabilitas yang sudah bekerja di Daerah Otonomi Tibet, China barat daya, mencapai 17.786. Hal ini merujuk pada pusat layanan ketenagakerjaan regional untuk penyandang disabilitas.

Data tersebut dirilis pada sebuah acara yang diadakan di Lhasa, ibu kota Tibet pada hari Minggu, 15 Mei 2022. Tepat di hari tahunan negara untuk membantu penyandang disabilitas

Acara tersebut menyediakan perangkat rehabilitasi dan konsultasi ketenagakerjaan, serta menyelenggarakan pameran, dalam upaya mempromosikan produk pengembangan layanan kawasan bagi penyandang disabilitas.

Baca Juga: Terangi langkah difabel, China memperluas akses buku bacaan berkualitas untuk penyandang tunanetra

"Kami menyediakan lebih dari 100 alat bantu untuk orang yang membutuhkan secara gratis," kata Xie Qing, seorang staf dari pusat layanan rehabilitasi regional untuk penyandang cacat, dilansir Hops.ID, Selasa 17 Mei 2022.

Dirinya menambahkan bahwa pusat layanan tersebut mengirim delegasi ke 20 kabupaten terpencil tahun lalu untuk menawarkan layanan penyandang cacat. Berupa tongkat jalan, kruk dan alat bantu dengar secara gratis.

Kerajinan tangan termasuk lukisan thangka, dupa Tibet cair dan pembakar dupa yang dibuat oleh penyandang disabilitas juga dipajang di area pameran pada hari tersebut. 

Baca Juga: Dalam suasana duka atas pembunuhan wartawan Al Jazeera, warga Palestina peringati Hari Nakba ke-74

Nyizhou, 30, seorang pramuniaga di area pameran mengatakan, di perusahaannya, lebih dari 90 persen pekerjanya adalah penyandang disabilitas, dan hasil kerajinan yang mereka buat nantinya dijual melalui jalur e-commerce.

Hal ini merupakan langkah inspiratif yang digagas pemerintah. Sebelumnya, tunanetra atau penyandang disabilitas cetak di China juga akan diberi akses luas ke buku-buku bacaan berkualitas.

Halaman:

Editor: Wefni Azlen

Sumber: Xinhua

Tags

Artikel Terkait

Terkini