Mengerikan! Ilmuwan nyatakan dunia akan berakhir setelah Deepmind resmi merilis robot mirip manusia

- Minggu, 22 Mei 2022 | 20:51 WIB
Kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI). Foto: Pixabay
Kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI). Foto: Pixabay

Hops.ID - Baru-baru ini, istilah artificial intelligence atau kecerdasan buatan, yang lebih dikenal dengan sebutan AI, acapkali terdengar di telinga publik.

Secara sederhana, Artificial intelligence (AI) dapat diartikan sebagai suatu mesin atau komputer yang diimplementasikan dengan kemampuan berpikir manusia. 

Dewasa ini, artificial Intelligence (AI) mampu mengenali pola (pattern recognition). Contohnya yang dapat ditemui sehari-hari adalah aplikasi Google Translate, yang menggunakan AI untuk mengenali keunikan-keunikan dari vokalisasi suatu bahasa sehingga dapat menerjemahkannya ke dalam bahasa lain.

Baca Juga: Ilmuwan minta waspada, perubahan iklim bisa picu wabah mematikan baru di bumi

Bahkan sistem AI ini terbukti sangat canggih dalam tugas-tugas tertentu, seperti pengenalan wajah atau bahkan navigasi jalan (seperti kendaraan Tesla Elon Musk).

Namun semakin pesatnya perkembangan AI pada abad ke-21 ini membuat sebagian kalangan khawatir. Pasalnya, sejumlah pakar memprediksi bahwa AI akan menyebabkan manusia kehilangan perannya di bumi.

"Kini kita bisa selangkah lebih dekat ke AI yang memiliki kapasitas seperti manusia," ucap Ilmuwan dari DeepMind, dilansir Hops.ID dari independent.co.uk, Minggu 22 Mei 2022.

Baca Juga: Hati-hati, studi ilmiah ini menunjukkan bahwa penggunaan pelumas dapat merusak sperma lelaki

Ilmuwan AI dari deepmind baru-baru ini menyatakan AI temuannya dapat mengerjakan banyak tugas berbeda, termasuk bermain video game Atari, mengobrol dengan orang, menekan tombol, membaca puisi, dan banyak hal lainnya.

"Sistem Gato yang baru di DeepMind adalah salah satu kecerdasan buatan multitasking pertama dari jenisnya," katanya lagi. Gato ini sendiri merupakan Agen Generalis AI Deepmind Pertama di Dunia.

Halaman:

Editor: Wefni Azlen

Sumber: Independent.co.uk

Tags

Artikel Terkait

Terkini