Kisah perempuan pengidap mikrotia transplantasi implan telinga cetakan 3D, kok bisa?

- Jumat, 3 Juni 2022 | 16:40 WIB
Kisah perempuan transplantasi telinga cetakan 3D, begini detailnya (iStockphoto/Henadzi Pechan)
Kisah perempuan transplantasi telinga cetakan 3D, begini detailnya (iStockphoto/Henadzi Pechan)

Hops.ID - Sebuah tim medis asal AS mengatakan bahwa mereka telah merekonstruksi telinga seorang perempuan menggunakan jaringan pasien sendiri untuk membuat transplantasi implan telinga 3D.

Hal tersebut mereka sampaikan pada 1 Juni 2022. Prosedur transplantasi ini diharapkan dapat digunakan untuk merawat orang dengan cacat lahir yang langka.

Operasi dilakukan sebagai bagian dari uji klinis tahap awal untuk mengevaluasi keamanan dan kemanjuran implan bagi orang dengan kelainan mikrotia, yakni kelainan telinga luarnya kecil dan tidak terbentuk dengan benar.

Diketahui, operasi implan ini dikembangkan oleh perusahaan 3DBio Therapeutics, yang dipimpin oleh Arturo Bonilla, pendiri dan direktur Institut Deformitas Telinga Mikrotia-bawaan di San Antonio, Texas.

Baca Juga: Istri pilot yang gerebek suaminya selingkuh sudah punya firasat, begini katanya

"Sebagai seorang dokter yang telah merawat ribuan anak dengan mikrotia dari seluruh negeri dan di seluruh dunia, saya terinspirasi oleh apa arti teknologi ini bagi pasien mikrotia dan keluarga mereka," kata Bonilla dalam dilansir dari Bangkok Post pada 3 Juni 2022.

Dia berharap implan itu suatu hari nanti akan menggantikan pengobatan mikrotia saat ini, yang melibatkan pencangkokan tulang rawan dari tulang rusuk pasien atau menggunakan bahan sintetis, polietilen berpori (APD), untuk merekonstruksi telinga luar.

Prosedur ini melibatkan pemindaian 3D pada telinga pasien yang berlawanan untuk membuat cetak biru, kemudian mengumpulkan sampel sel tulang rawan telinga mereka dan menumbuhkannya hingga jumlah yang cukup.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia Qatar zona Eropa: Wales vs Ukraina akan bertanding memperebutkan tempat di grup B

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Bangkok Post

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Keutamaan Rajab, nomor 1 harus kamu tahu

Senin, 6 Februari 2023 | 11:06 WIB