Asal mula nama Soekarno, serta 10 kata bijak Presiden pertama Republik Indonesia yang terbukti kebenarannya

- Senin, 6 Juni 2022 | 16:21 WIB
Asal mula nama Soekarno, serta 10 kata-kata bijak Presiden pertama Republik Indonesia yang terbukti kebenarannya (Tangkapan layar YouTube Aliqul Chanel)
Asal mula nama Soekarno, serta 10 kata-kata bijak Presiden pertama Republik Indonesia yang terbukti kebenarannya (Tangkapan layar YouTube Aliqul Chanel)

Hops.ID – Presiden Soekarno merupakan seorang tokoh pejuang sekaligus proklamator kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perannya dalam proses memperjuangkan kemerdekaan memang begitu besar.

Presiden Soekarno adalah anak dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai yang lahir di Surabaya, pada tanggal 6 Juni 1901.

Orang tuanya pada saat itu memberikan nama Koesno Sosrodihardjo. Akan tetapi, dikarenakan pada waktu kecil ia sering sakit-sakitan, sehingga namanya diganti oleh sang ayah menjadi Soekarno.

Lantas bagaimana asal mula nama Soekarno tersebut?

Baca Juga: Putri Sulung Bambang Pamungkas tulis pesan mengkhawatirkan, ibu sambung: Semoga Abel diberikan pertolongan

Dikutip Hops.ID dari kanal YouTube Aliqul Channel, Senin 6 Juni 2022, nama Soekarno diambil dari seorang panglima perang dalam kisah Bharatayuddha yaitu Karna. Kemudian nama Karna diubah menjadi Karno, karena dalam bahasa Jawa huruf a diganti menjadi o.

Sedangkan awalan Soe memiliki arti terbaik, sehingga sang ayah menginginkan anaknya tersebut menjadi sosok yang pemberani dan bisa memberikan kebaikan kepada semua orang.

Presiden Soekarno dikenal sebagai proklamator ulung, karena dengan gaya pidatonya yang menggebu-gebu membuat siapapun yang mendengarnya akan merasa kagum.

Baca Juga: Disindir Razman Arif Nasution punya rumah kecil, dr. Richard Lee beri jawaban menohok: Yang penting...

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: YouTube Aliqul Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Keutamaan Rajab, nomor 1 harus kamu tahu

Senin, 6 Februari 2023 | 11:06 WIB