Bukan kecoak, ini hewan paling tangguh di dunia yang susah mati

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 17:17 WIB
Ilustrasi tardigrade atau beruang air (Foto: Earth Archives/Julio Lacerda)
Ilustrasi tardigrade atau beruang air (Foto: Earth Archives/Julio Lacerda)

Hops.ID - Kecoak, dikenal sebagai hewan yang cukup tangguh, karena tidak mudah mati. Meskipun kepalanya kamu penggal, ia mampu bertahan selama beberapa minggu, karena bernafas melalui sekujur tubuhnya.

Selain itu, kecoak juga diketahui 15 kali lebih kuat daripada manusia dalam menanggapi efek radiasi nuklir. Maka dari itu, kecoak tidak mudah untuk kamu basmi dan cenderung berani melawan saat akan kamu bunuh.

Namun, tahukah kamu? Ternyata ada hewan yang jauh lebih tangguh dari kecoak. Kabarnya, hewan ini mampu bertahan hidup bertahun-tahun tanpa makan maupun minum. Bahkan, setelah ia dibekukan selama puluhan tahun.

Hewan paling tangguh di dunia tersebut bernama tardigrade atau beruang air yang berukuran sangat kecil, yakni sekitar 0,5 cm saja. Ukuran tubuhnya layaknya butiran pasir.

Selain itu, hewan ini juga sudah ada sejak 600 juta tahun silam. Artinya, ia sudah ada bahkan sebelum adanya dinosaurus.

Baca Juga: Lirik lagu Kau Yang Kusayang dari Dewa 19 feat Ello: Cinta yang tulus

Bukti ketangguhan tardigrade

Dilansir Hops.ID dari channel YouTube Kok Bisa? tardigrade bisa bertahan hidup di Antartika, gurun pasir, laut dalam, hingga di luar angkasa.

Sebuah penelitian pada tahun 1983 membuat para ilmuwan mencoba untuk membekukan hewan kecil yang satu ini selama 30 tahun lamanya.

Anehnya, setelah dicairkan, tardigrade kembali menjalani hidupnya dengan normal. Tanpa ada cacat sedikitpun atau mati.

Halaman:

Editor: Nariyati

Sumber: Youtube Kok Bisa?

Tags

Artikel Terkait

Terkini