Kenali kratom yang disebut narkotika oleh BNN, punya khasiat baik bagi tubuh dan keuntungan ekonomi tinggi

- Senin, 20 Juni 2022 | 16:04 WIB
Daun dari tanaman kratom yang dikeringkan menjadi bahan seduhan teh yang dapat menenangkan bagi tubuh (Wikimedia Commons/Coaster420)
Daun dari tanaman kratom yang dikeringkan menjadi bahan seduhan teh yang dapat menenangkan bagi tubuh (Wikimedia Commons/Coaster420)

Hops.ID – Akhir-akhir ini tanaman kratom menjadi viral karena adanya proses pelarangan konsumsi kratom secara umum dari Badan Nasional Narkotika (BNN) karena dikategorikan sebagai narkotika golongan I.

Usaha BNN untuk mengkategorikan tanaman kratom sebagai narkotika menjadi polemik di masyarakat.

Pasalnya, tanaman kratom pada saat ini masih dibudidayakan oleh masyarakat Kapuas Hulu, Kalimantan Barat dan menjadi penggerak roda ekonomi.

Baca Juga: Kisah 2 pebulutangkis Ukraina yang berlaga di Indonesia Open 2022 tanpa tiket pulang ke negaranya

Lantas, tanaman apakah kratom tersebut? Kemudian, apakah efek dan manfaatnya bagi kesehatan? Berikut ini pembahasan dari tanaman kratom dari segi jenis, manfaat, efek dan penjualan.

Tanaman kratom yang saat ini diusulkan menjadi narkotika golongan I disinyalir terdapat penyalahgunaan dari kratom itu sendiri menjadi zat adiktif yang mengakibatkan candu.

Selain itu, tanaman kratom juga difungsikan oleh masyarakat sebagai bahan pengobatan alternatif herbal atau tradisional.

Baca Juga: Ngaku pemula, SBY lukis pemandangan Grand Canyon berukuran jumbo dengan hasil ciamik

Tanaman kratom adalah jenis tanaman yang hidup di lingkungan tropis dan banyak ditemukan di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, kratom banyak dijumpai di Pulau Kalimantan.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: beritadiy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masih hangat nih! Lirik lagu HELLO - TREASURE

Selasa, 4 Oktober 2022 | 20:55 WIB