Bahasa Indonesia kian populer di kota Madinah, ternyata penyebabnya ini

- Kamis, 23 Juni 2022 | 15:23 WIB
Bahasa Indonesia kini populer di Madinah sebagai sarana komunikasi dengan penjual maupun arah petunjuk jalan, termasuk di Masjid Nabawi. (pixabay/konevi)
Bahasa Indonesia kini populer di Madinah sebagai sarana komunikasi dengan penjual maupun arah petunjuk jalan, termasuk di Masjid Nabawi. (pixabay/konevi)

Hosp.ID – Jemaah haji asal Indonesia tidak perlu risau dan panik saat berada di kota Madinah, Arab Saudi, meskipun tidak menguasai Bahasa Arab.

Pasalnya, Bahasa Indonesia kini sangat populer di kota ini, sebagai sarana komunikasi dengan penjual maupun arah petunjuk jalan, termasuk di Masjid Nabawi, Madinah.

Memasuki area Masjid Nabawi, akan ditemukan sejumlah papan informasi petunjuk arah dalam bahasa Arab, Inggris dan juga Bahasa Indonesia.

Misalnya, petunjuk tempat salat dan wudu wanita. Hal ini sangat memudahkan jemaah Indonesia memahaminya untuk mengurangi salah arah, tanpa harus ada penerjemah.

Baca Juga: Video Jokowi menghadap Megawati viral, Ade Armando kritik keras sikap Puan Maharani asyik bikin vlog

Seorang penjaga di kawasan Masjid Nabawi, Abdurrahman, mengatakan, penggunaan Bahasa Indonesia pada tanda-tanda jalan tersebut karena Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak jemaahnya di Madinah.

Apalagi saat musim haji, khususnya di Masjid Nabawi, jemaah Indonesia sangat ramai. Maka Bahasa Indonesia digunakan pada beragam papan pengumuman untuk memudahkan tamu Allah tersebut.

"Untuk memudahkan jemaah dari Indonesia, mereka sangat ramai di sini," ujar Abdurrahman sebagaimana dikutip Hops.ID dari kemenag.go.id pada Kamis, 23 Juni 2022.

Baca Juga: Irene kakak Marisya Icha tak mau akui mamanya lagi, warganet: Malaikat langsung melaknat setiap sakit hati ibu

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini