Sejarah tercipta! NASA luncurkan roket ke luar angkasa melalui perusahaan Australia

- Senin, 27 Juni 2022 | 18:27 WIB
Ilustrasi NASA luncurkan roket ke luar angkasa lewat perusahaan Australia (Pixabay/WikiImages)
Ilustrasi NASA luncurkan roket ke luar angkasa lewat perusahaan Australia (Pixabay/WikiImages)

Hops.ID - NASA telah berhasil meluncurkan roket dari Northern Territory, Australia dan menjadi peluncuran luar angkasa komersial pertama dalam sejarah Australia.

Roket tersebut diluncurkan pada hari Senin malam, 27 Juni 2022 dari Pusat Antariksa Arnhem di Dataran Tinggi Dhupuma dekat dengan Nhulunbuy tapi roket itu hanya terlihat selama 10 detik sebelum akhirnya menghilang ke atmosfer bumi. Kondisi cuaca sempat membuat peluncuran roket mengalami penundaan selama satu jam.

“Kami mengalami beberapa kendala karena cuaca seperti hujan lebat sehingga kami harus memastikan keamanan peluncuran roket tapi ketika akhirnya roket berhasil diluncurkan dan Anda merasa antusias serta uara roketnya cukup mengesankan..” ujar Michael Jones, CEO Arnhem Space Center dilansir dari The Guardian pada 27 Juni 2022.

Baca Juga: Nathalie Holscher ungkap alasan kenapa dulu sempat minggat dari rumah Sule: Lebih baik ya...

Sekitar 100 orang menyaksikan momen bersejarah dari tempat pengamatan yang berjarak 800 meter yang terdiri dari Ilmuwan, politisi, warga, pemimpin adat dan media.

Diketahui sekitar 75 personel NASA berada di Arnhem Land ketika peluncuran roket di Australia.

Adapun sebelumnya NASA pernah meluncurkan roket dari Australia pada tahun 1995 saat itu roket diluncurkan dari kompleks Woomera Angkatan Udara Australia Selatan.

NASA rencananya akan meluncurkan 2 roket lagi dari pusat luar angkasa pada 4 dan 12 Juli 2022. Roket itu akan mengukur sinar ultraviolet dan struktur bintang.

Baca Juga: Bayar pajak tahunan kendaraan bermotor di aplikasi SIGNAL bisa lewat Bukalapak, begini caranya

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: The Guardian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu We, First - ALICE

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:23 WIB