Sebentar lagi cair, begini teknis pembayaran gaji ke-13 untuk ASN

- Selasa, 28 Juni 2022 | 19:40 WIB
Ilustrasi nominal THR lebaran (Pixabay/Katya_Ershova)
Ilustrasi nominal THR lebaran (Pixabay/Katya_Ershova)

Hops.ID - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mulai mempersiapkan pencairan gaji ke-13 untuk PNS atau ASN. Rencananya, gaji ke-13 akan cair awal bulan Juli.

Melansir laman Kemenkeu, Selasa 28 Juni 2022, pokok-pokok pengaturan pemberian gaji ke-13 tahun 2022 sendiri bersumber dari APBN.

"Gaji ke-13 tahun 2022 diberikan kepada Aparatur Negara, Pensiunan, dan Penerima Pensiun," tulis Kemenkeu, dilansir Hops.ID, Selasa 28 Juni 2022.

Baca Juga: Babak baru kasus Holywings, LBH Jakarta desak Presiden Jokowi evaluasi pasal karet

Sebaliknya, gaji ke-13 tahun 2022 tidak diberikan kepada PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri yang sedang cuti atau sedang ditugaskan di luar instansi.

Untuk komponen yang diberikan dalam gaji ke-13 tahun 2022, menurut Kemenkeu, di antaranya:

PNS, PPPK, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi, Pimpinan Lembaga Penyiaran Publik, dan Pegawai Non-Pegawai Aparatur Sipil Negara yang bertugas pada Lembaga Penyiaran Publik.

Baca Juga: Tanggapi kasus Hollywings, Razman Arif Nasution: Periksa Hotman Paris!

Nantinya, kesemuanya ini diberikan gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan 50% (lima puluh persen) tunjangan kinerja sesuai jabatan, pangkat, peringkat jabatan, dan kelas.

Sementara Wakil Menteri, masih merujuk Kemenkeu, diberikan setinggi-tingginya sebesar 85% (delapan puluh lima persen) dari Gaji Ketiga Belas yang diberikan.

Ada pun Calon PNS, nantinya diberikan 80% (delapan puluh persen) dari gaji pokok PNS, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan umum, dan 50% (lima puluh persen) tunjangan kinerja sesuai jabatan, pangkat, peringkat jabatan, atau kelas jabatannya.

Halaman:

Editor: Septian Farhan Nurhuda

Sumber: Kemenkeu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu We, First - ALICE

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:23 WIB