Tak perlu khawatir, begini cara aman berkurban di tengah wabah PMK

- Jumat, 1 Juli 2022 | 11:34 WIB
Cara aman berkurban saat Idul Fitri di tengah wabah PMK. (Foto: Pexels)
Cara aman berkurban saat Idul Fitri di tengah wabah PMK. (Foto: Pexels)

Hops.ID - Umat Islam pada 10 Dzulhijah 1443 H--diperkirakan jatuh pada 10 Juli 2022—akan merayakan Hari Raya Idul Adha sekaligus melaksanakan ibadah memotong hewan kurban sapi, kerbau, domba atau kambing.

Permalasahannya, pelaksanaan pemotongan hewan kurban tersebut terjadi saat sebagian besar wilayah di Indonesia sedang dilanda Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hingga 20 Juni 2022, wabah PMK sudah menyebar ke 208 kota dan kabupaten di 19 Provinsi di Tanah Air, dikutip dari Katadata.co.id pada Jumat, 1 Juli 2022.

PMK merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Aphtaee epizootecae. Virus tersebut mudah menular kepada ternak, khususnya hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau, domba/kambing dan juga babi.

Untungnya, PMK tidak menulari manusia sehingga mengkonsumsi daging ternak pada saat wabah PMK tetap aman. Syaratnya penanganan dan pemrosesan daging ternak tersebut dilakukan dengan benar. Misalnya disimpan dalam freezer dan dimasak terlebih dulu minimal 30 menit pada suhu minimal 70 derajat celcius.

Baca Juga: Bak Barbie hidup, Biya Pink aspri ke 48 Hotman Paris rilis lagu Jadikan Aku Istri Muda, kode?

Kendati tidak membahayakan manusia, ternak yang tertular virus PMK bisa mati jika tidak dicegah dan ditangani secara serius.

Cara aman berkurban di tengah wabah PMK. (Infografis: dok. Katadata.co.id)

Karena itu, pada saat Idul Adha nanti masyarakat yang akan memotong sendiri hewan kurban, seperti di masjid-masjid, perkampungan atau perumahan harus melaksanakannya dengan prosedur biosekuriti ketat. Tujuannya agar virus penyebab PMK tidak semakin menyebar pasca pemotongan hewan kurban.

Halaman:

Editor: Cesaria Hapsari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu dan terjemahan Cookie – NewJeans

Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:35 WIB

Lirik lagu dan terjemahan Attention – NewJeans

Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:40 WIB

5 Cara dapat cuan dari blog, mudah dan menguntungkan

Kamis, 11 Agustus 2022 | 09:15 WIB