Seorang ilmuan menemukan lubang ozon jauh lebih besar di daerah tropis daripada Antartika

- Rabu, 6 Juli 2022 | 18:32 WIB
 (Pixabay kinkate)
(Pixabay kinkate)

Hops.ID - Para Ilmuwan University of Waterloo di Ontario baru saja menemukan bukti bahwa lubang di lapisan ozon daerah tropis 7 kali lebih besar dari Antartika dan telah ada selama 30 tahun.

Penelitian ini dilakukan pada Selasa, 5 Juli 2022. Seorang Ilmuwan telah menganalisis serta memeriksa data iklim dan suhu ozon di daerah tropis, sehingga hal ini dianggap sangat mengejutkan bagi para Ilmuwan.

Menurut Profesor Qing Bin Lu, lubang ozon tersebut diketahui sudah ada sejak 1980 lalu dan mencakup area yang sangat luas sehingga setengah dari populasi dunia akan merasakan dampak dari adanya lubang ozon di daerah tropis.

Baca Juga: Vladimir Putin: Amerika Serikat menganggap dirinya utusan Tuhan di muka Bumi

Dilansir dari laman The Independent, seorang ilmuan bernama Profesor Qing Bin Lu mengatakan jika kemunculan lubang ozon tersebut bisa melemahkan kekebalan tubuh manusia.

“Tidak seperti lubang ozon Antartika yang hanya muncul di musim semi tapi lubang ozon di daerah tropis muncul setiap musim cuaca sejak tahun 1980 dan luasnya 7 kali lebih besar," ungkapnya.

Ia kembali menambahkan, "Hal ini sangat berdampak terhadap kehidupan di bumi karena dapat menyebabkan peningkatan radiasi UV di permukaan tanah dan ada risiko melemahkan sistem kekebalan tubuh serta terkena kanker kulit, katarak dan penyakit lainnya, menghancurkan pertanian dan mengancam ekosistem di wilayah tropis.”

 Baca Juga: Bangkai kapal besar berusia lebih dari 100 tahun ditemukan di Antartika, begini kondisinya

“Laporan awal telah menunjukkan bahwa adanya tingkat penipisan ozon di daerah khatulistiwa yang membahayakan populasi bumi serta radiasi UV yang jauh lebih besar daripada yang diperkirakan," terangnya.

Halaman:

Editor: Wefni Azlen

Sumber: The Independent

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu We, First - ALICE

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:23 WIB