Hari Raya Idul Adha 2022 Indonesia beda sehari dengan Arab Saudi, UAS: Kudoakan mulut kau bulat

- Kamis, 7 Juli 2022 | 09:28 WIB
Ustaz Abdul Somad (Instagram @ustazabdulsomad_official)
Ustaz Abdul Somad (Instagram @ustazabdulsomad_official)

 

Hops.ID - Penentuan tanggal jatuhnya Hari Raya Idul Adha 2022 di Indonesia dengan Arab Saudi terdapat perbedaan di tahun ini.

Adapun Kementerian Agama (Kemenag) RI telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada hari Minggu, 10 Juli 2022. Sedangkan pemerintah Arab Saudi menetapkan 10 Zulhijah 1443 H jatuh pada Sabtu 9 Juli 2022, sehari lebih awal dari Indonesia.

Perbedaan tersebut pun lantas memunculkan pertanyaan besar dari umat Islam di Indonesia, mengapa bisa terjadi perbedaan tersebut?

Baca Juga: Andhika Pratama bongkar urusan ranjang sampai Ussy Sulistiawaty tutup wajah dengan selimut: Yang menantang itu

Menanggapi hal tersebut, penceramah kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) pun turut menjelaskan perbedaan terkait penentuan Idul Adha 1443 H antara Arab Saudi dan Indonesia. Namun, yang menarik UAS menjelaskannya dengan membuat cerita percakapan jenaka antara ustaz dengan jamaah.

Penjelasan jenaka UAS tersebut dibagikannya di Instagram pribadinya @ustazdabdulsomad_official. UAS menjelaskan, bahwa perbedaan waktu wajar terjadi karena setiap negara memiliki syuruk atau waktu terbit matahari yang berbeda-beda.

Jamaah: "Kita ikut Makkah apa Pekanbaru, Ustaz?"

Baca Juga: Terungkap! Begini kelakuan Nathalie Holscher hingga buat asisten rumah tangga menangis

UAS: "Makkah tuh punya mathla' (waktu terbitnya matahari) sendiri, Pekanbaru punya mathla' sendiri. Makkah punya syuruq (waktu tenggelamnya matahari) sendiri, Pekanbaru punya syuruq sendiri. Tak sama. Mana bisa kita ikut Makkah. Kalau kita di Pekanbaru ikut Makkah. Berarti shalat zuhur kita jam 15.30 WII," tulis UAS dikutip Hops.ID pada Minggu 6 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Suara.com, Instagram @ustadzabdulsomad_official

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu We, First - ALICE

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:23 WIB