Pilu, veteran ini ceritakan kisahnya curi buah demi prajurit kemerdekaan Indonesia

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 11:19 WIB
Hasiholan Josia Purba Tondang (Suara)
Hasiholan Josia Purba Tondang (Suara)
 
Hops.ID - Veteran yang dulu pernah ikut berjuang meraih kemerdekaan Indonesia, Hasiholan Josia Purba Tondang menceritakan kisah pilunya untuk bisa bertahan hidup. 
 
Kondisi veteran yang sudah menginjak usia 95 tahun ini hanya bisa duduk di kursi roda. Dia tinggal di Komplek Kodam, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
 
Josia adalah satu-satunya veteran pejuang kemerdekaan Indonesia yang masih hidup di wilayah kompleknya. 
 
 
Josia kemudian menceritakan perjuangannya saat Indonesia masih belum merdeka. Pada saat itu, Josia bergerilya keluar masuk hutan di Sumatera Utara. 
 
Josia bertugas di bagian logistik; mengolah bahan mentah untuk bisa dimakan. Meski terdengar sepele, namun tugasnya itu juga sangat penuh risiko. 
 
Bahkan menurutnya, untuk bisa makan nasi saja, Josia tidak bisa dengan mudah mendapatkan beras. Ada perjuangan yang harus dia lakukan agar para prajurit bisa makan. 
 
 
"Saya kadang ke kepala kampung, minta beras untuk prajurit. Tapi nggak bisa sembarangan, harus ada surat perintah dari atasan," ujar Josia, disitat dari Suara--jaringan Hops.ID, Rabu 17 Agustus 2022.
 
Bahkan Josia juga pernah terpaksa mencuri buah milik warga yang sedang mengungsi ke tempat yang lebih aman, untuk bisa kasih makan para prajurit agar bisa bertahan hidup.
 
"Saat itu saya juga sering curi buah buah milik warga yang mengungsi untuk bisa kasih makan para prajurit," sambung Josia.
 
 
Kondisi dulu sebelum kemerdekaan tentulah sangat jauh berbeda dengan saat ini. Dulu mereka harus berjuang bahkan nyawa menjadi taruhannya untuk bisa meraih kemerdekaan negara Republik Indonesia
 
Untuk makan pun mereka juga harus bersusah payah mendapatkannya agar bisa terap bertahan hidup. 
 
Cerita veteran Josia ini begitu mengharukan. Josia mengatakan kalau dirinya dengan sukarela, tanpa adanya paksaan saat bergabung ke relawan pengusir penjajah. Tujuannya hanya satu, ingin Indonesia merdeka.
 
"Saya sukarela. Saat itu semua rakyat berbondong-bondong secara sukarela mau bergabung karena semua ingin merdeka," pungkasnya. ***

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Suara

Tags

Terkini

Lirik lagu Deritaku - David Bayu eks Naif

Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:27 WIB