Husein Mutahar, pencipta lagu Hari Merdeka dan penyelamat bendera pusaka ternyata seorang habib

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 09:37 WIB
Husein Mutahar pencipta lagu Hari Merdeka yang juga seorang Habib. (Wikimedia Commons)
Husein Mutahar pencipta lagu Hari Merdeka yang juga seorang Habib. (Wikimedia Commons)

Hops.ID - Pasti semua sudah tahu kan lagu "Hari Merdeka", salah satu lagu yang sering dinyanyikan pada setiap upacara hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus.

Sebuah lagu perjuangan dengan lirik dan irama yang begitu enerjik, sekaligus bisa membangkitkan semangat siapa pun yang menyanyikan.

Penciptanya, siapa lagi kalau bukan Husein Mutahar. Mungkin secara umum semua anak bangsa di negeri ini tahu tentang sosok pejuang sekaligus negarawan di masa awal kemerdekaan ini.

Baca Juga: Nyanyikan lagu cinta, mental Farel Prayoga akan hancur sebelum usianya, Kak Seto: Didiklah anakmu sesuai zaman

Namun, siapa sosok sebenarnya lelaki kelahiran Semarang, 5 Agustus 1916 atau latar belakang keluarganya bisa jadi belum semua tahu.

Untuk diketahui, di masa-masa awal perjuangan dahulu Husein Mutahar, selain sebagai pejuang, juga seorang komponis musik.

Pada masa itu Husein Mutahar muda sebagai pejuang sudah berpangkat mayor tetapi di balik sosok dengan jiwa patriotnya ternyata H. Mutahar itu adalah seorang Habib.

Baca Juga: Erina Gudono tanggapi aksi Bobby Nasution yang kedapatan sindir Kaesang Pangarep melalui sebuah foto di medsos

Ini bisa dikulik dari nama aslinya, Sayyid Muhammad Husein bin Salim bin Ahmad bin Salim bin Ahmad al Muthahar dilansir dari berbagai sumber pada 23 Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Tags

Artikel Terkait

Terkini