Hari Sungai Sedunia diperingati tiap 25 September, ini hal yang bisa dilakukan agar sungai tetap lestari

- Minggu, 25 September 2022 | 14:06 WIB
Salah satu sungai berbahaya di dunia, Sungai Amazon di Brazil (Unsplash/Ivars Utinas)
Salah satu sungai berbahaya di dunia, Sungai Amazon di Brazil (Unsplash/Ivars Utinas)

Hops.ID - Tanggal 25 September diperingati sebagai Hari Sungai Sedunia

Hari Sungai Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 2005, sejak itu  banyak acara yang diselenggarakan untuk mengingat peristiwa tahunan ini.  Masih di tahun yang sama, PBB meluncurkan Dekade Air untuk Kehidupan dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga perairan dunia dengan lebih baik.

Dilansir Hops.ID dari Daysoftheyear.com pada tanggal 25 September 2022, Hari Sungai Sedunia adalah hari yang menyoroti betapa besarnya peran sungai dalam suatu wilayah serta juga meningkatkan kesadaran dan mendorong kita untuk lebih menjaga sungai.

Baca Juga: Anggota Federasi Sepakbola Prancis beri kesaksian soal kasus pemerasan yang dilakukan Pogba, begini katanya

Sejumlah cara dapat kita lakukan untuk melindungi sungai kita, seperti menggunakan produk yang ramah lingkungan dan dapat terurai secara hayati. Karena pada dasarnya semua bahan kimia yang kita pakai akan berakhir ke sungai

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah secara kolektif adalah membersihkan sampah di aliran air, pembersihan pantai, bisa juga membantu menjaga kelestarian sungai setempat.

Untuk menjaga ekosistem sungai yang alami, tentunya kehadiran satwa liar sangat diperlukan. Nah, kamu bisa mengikuti program pelepasan ikan ke sungai yang bisa dijalankan melalui musyawarah dengan warga setempat.

Selain itu, tentunya kamu juga bisa berkontribusi hanya dengan membiarkan satwa liar menikmati habitat yang sehat di sungai

Baca Juga: Aurel Hermansyah blak-blakan soal hubungan intim, Ussy Sulistiawaty langsung nembak: Harus goyang, terus...

Halaman:

Editor: Nariyati

Sumber: daysoftheyear.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu Bila Nanti - Nabila Maharani

Minggu, 4 Desember 2022 | 10:24 WIB