Asal usul hantu tetek alias wewe gombel, bermula dari kisah tragis gadis cantik yang bunuh diri

- Selasa, 27 September 2022 | 06:00 WIB
Hantu tetek wewe gombel (Tangkapan layar Youtube Rizky Riplay)
Hantu tetek wewe gombel (Tangkapan layar Youtube Rizky Riplay)

Hops.ID – Nama hantu tetek mungkin terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Namun tidak dengan wewe gombel.

Keduanya merupakan sosok yang digambarkan serupa. Namun julukan hantu tetek ternyata juga digambarkan sebagai wewe gombel di Malaysia.

Sosok hantu tetek alias wewe gombel ini digambarkan dalam berbagai buku sebagai sosok wanita mengerikan dengan rambut panjang menjuntai. Yang sangat ikonik adalah bentuk payudara (tetek) yang menggelambir panjang hingga ke lutut.

Banyak kisah yang beredar mengenai sosok hantu tetek ini, bahkan banyak orang yang mengaku pernah bertemu dengan wewe gombel ini secara langsung ataupun sekilas.

Meski di beberapa daerah masih diyakini keberadaannya, namun tidak sedikit orang yang hanya menganggap jika hantu tersebut merupakan cerita urban legend belaka.

Baca Juga: Nikita Mirzani dukung BBM naik 1 juta per liter untuk turunkan polusi, netizen: Justru dia yang bikin polusi

Hantu yang memiliki bentuk fisik menyerupai wanita ini kerap menjadi biang ketakutan oleh anak-anak kecil. Hal ini karena hantu tersebut diceritakan kerap menculik anak-anak.

Dikutip Hops.ID dari JurnalSoreang.com pada 27 September 2022, banyak yang menyebut jika asal-usul wewe gombel berasal dari wilayah Jawa Tengah, tepatnya di Kota Semarang.

Ada salah satu perbukitan yang bernama bukit gombel, yang dulunya merupakan tempat pembantaian pada jaman penjajahan kolonial. Konon di Bukit Gombel tersebut ada kerajaan hantu.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: JurnalSoreang.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik lagu Bila Nanti - Nabila Maharani

Minggu, 4 Desember 2022 | 10:24 WIB