Sejarah singkat Hari Pahlawan 10 November, lengkap dengan maknanya

- Rabu, 28 September 2022 | 14:48 WIB
Ilustrasi hari pahlawan (Instagram @smakolesedebritto)
Ilustrasi hari pahlawan (Instagram @smakolesedebritto)

Hops.ID – Tentu saja sebagai warga negara Indonesia, kita sudah tidak asing lagi dengan peringatan yang rutin diadakan setiap tahun pada 10 November.

10 November ini selalu dirayakan oleh seluruh bangsa Indonesia setahun sekali yang disebut sebagai Hari Pahlawan Indonesia.

Hari Pahlawan tersebut diadakan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan Indonesia dan tragedi yang terjadi di Surabaya pada 10 November 1945 silam.

Seperti yang dirangkum Hops.ID dari website resmi Pemerintah Kota Semarang pada 28 September 2022, pertempuran yang terjadi pada 10 November 1945 tersebut disebabkan karena pihak tantara Indonesia yang sedang bersitegang dengan tentara pasukan dari Inggris. Perang tersebut kini telah menjadikan 10 November sebagai hari pahlawan.

Baca Juga: Sebelum Najwa Shihab, Nikita Mirzani juga sempat berseteru dengan Roro Fitria cuma gegara hal sepele ini

Pertempuran yang terjadi secara besar-besaran ini merupakan perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan negara lain yang terjadi setelah Proklamasi Kemerdekaan.

Perang yang terjadi di Surabaya ini menjadi pertempuran yang terberat dalam sejarah bangsa Indonesia.

Setelah kematian Brigadir Jenderal Mallaby (komandan pasukan Inggris daerah Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945, gencatan senjata antara pihak pasukan Indonesia dan Inggris pun semakin membesar dan tak kunjung mereda.

Atas kematiannya tersebut, membuat pihak Inggris semakin marah kepada pihak Indonesia dan mengeluarkan ultimatum 10 November 1945.

Halaman:

Editor: Nada Shofura Faradyana

Sumber: Website Pemerintah Kota Semarang

Tags

Artikel Terkait

Terkini